Daerah

Hmmmm…Ada Festival Tanaman Hias & Buah di Faperta Undana

TEROPONGNTT, KUPANG – Ratusan peserta bakal meramaikan Festival Tanaman Hias & Buah 2017 yang digelar Fakultas Pertanian (Faperta) Undana selama tiga hari, 20-22 Juni 2017. Kegiatan Festival Tanaman Hias & Buah dipusatkan di Laboratorium Lahan Kering Kepulauan Faperta Undana.

Untuk menyampaikan adanya Festival Tanaman Hias & Buah 2017 secara luas kepada masyarakat, panitia kegiatan festivan Fakultas Pertanian (Faperta) Undana menggelar jumpa pers di kampus Faperta tersebut, Senin (12/6/2017) siang.

Dekan Faperta Undana, Damianus Adar bersama panitia Festival Tanaman Hias & Buah 2017, menjelaskan, Festival Tanaman Hias & Buah digelar sebagai bentuk rancangan bagi masyarakat dan mahasiswa fakultas pertanian, bahwa usaha pertanian bukan cuma mencangkul dan menanam seperti yang dilakukan petani tradisional pada umumnya.

Usaha pertanian, kata Adar, bisa ditekuni dengan cara yang lebih baik dan sederhana tetapi mendapatkan hasil yang luar biasa. Dan hasi produksi dari usaha pertanian tersebut dipublikasikan atau dipamerkan dalam kegiatan festival sehingga menjadi ransangan bagi masyarakat dan mahasiswa untuk tidak takut terjun dan menekuni kegiatan usaha pertanian.

Sementara Ketua Panitia Festival Tanaman Hias & Buah 2017 Faperta Undana, Dr Ir A.S.J Adutae, MP mengatakan, Festival Tanaman Hias & Buah 2017 Faperta Undana dalam rangka pembelajaran mengenai arti penting pelestarian lingkungan dan pembelajaran mengenai kekayaan keanekaragaman hayati serta mengurangi tingkat penurunan kualitas lingkungan akibat perluasan konversi lahan pertanian menjadi lahan non pertanian.
Kegiatan Festival Tanaman Hias & Buah, kata Adutae, juga sebagai kegiatan pameran untuk mempromosikan berbagai hasil produksi usaha pertanian berupa tanaman hias dan buah. Festival akan dimeriahkan dengan tujuh perlombaan yakni lomba tanaman hias, lomba tabulampot, lomba tanaman dalam bedeng, lomba merangkai bunga, lomba kuliner, lomba buah segar dan lomba tanaman sayur dalam pot.
“Ini merupakan Festival Tanaman Hias & Buah yang kedua kalinya yang digelar Faperta Undana. Jumlah peserta festival kali ini meningkat tajam.dibanding tahun sebelumnya,” kaya Adutae.
Adutae berharap, Festival Tanaman Hias & Buah 2017 Faperta Undana berjalan sukses nantinya dan membawa manfaat bagi pengembangan usaha pertanian di NTT. (nia)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top