Daerah

Himprosma Unimor Gelar Lomba Cepat Tepat Matematika Bagi Pelajar SLTP/MTS Se-daratan Timor

TEROPONGNTT, KEFAMENANU — Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika (Himprosma) Universitas Negeri Timor (Unimor) di Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), menggelar Lomba Cepat Tepat Matematika (LCTM). Kegiatan lomba bertujuan meningkatkan minat dan bakat para pelajar tingkat SLTP dan MTS se-daratan Timor, terutama di bidang ilmu pendidikan matematika.

Lomba cepat tepat matematika (LCTM) dilaksanakan di Aula Serba Guna Unimor Kefamenanu mulai Selasa, 7 Mei 2019 hingga Kamis  9 Mei 2019. Kegiatan lomba mengusung tema “Dengan LCTM Kita Dapat Mengaktualisasikan dan Menciptakan Model Belajar Matematika yang Menyenangkan, Kompetitif dan Sportif”.

Ketua Panitia Pelaksana LCTM, Simon Snoe, melalui Sekretaris Panitia, Aris Bantaika menjelaskan, kegiatan lomba memperebutkan piala bergilir LCTM Program Studi Pendidikan Matematika (Himprosma) Universitas Negeri Timor (Unimor). Pada tahun 2018, piala bergilir tersebut diraih oleh SMP Saint Vianey dari Soe, Kabupaten TTS.

Dijelaskan Aris Bantaika, kegiatan lomba melibatkan sembilan perwakilan sekolah se-daratan Timor khusus SLTP dan MTS. Diantaranya, SMPK St. Theresia dari Kota Kupang, SMPN 3 Kupang Timur dari Kabupaten Kupang, SMP Sint Vianey dari Kabupaten TTS, SMP St. Aloysius Niki-niki dari Kabupaten TTS, SMPK Putri St Xaverius dan SMPN 1 Kefamenanu dari Kabupaten TTU, SMN 1 dan SMPN 1 Kabupaten Belu, serta SMPN 1 dari Malaka Tengah.

“Peserta yang terdaftar sebanyak 16 regu yang terdiri dari masing-masing tiga orang, dengan jumlah peserta sebanyak 48 orang,” kata Aris Bantaika kepada TeropongNTT.Com, Selasa (7/5/2019).

Aris Bantaika yang didampingi Mantan Ketua HMP Himprosma Tahun 2018, Yuvenalis Kewa Ama, menjelaskan, kegiatan LCTM diselenggarakan oleh Himprosma yang merupakan wadah resmi yang bernaung dibawah Program Studi (Prodi) Matematika Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Unimor.  Untuk tahun 2019 ini, merupakan penyelenggaraan kegiatan yang ke-12.

“Untuk kegiatan LCTM kali ini peserta lebih meningkat karena melibatkan sekolah SMP dan MTS. Tahun ini ada tambahan dua kabupaten yaitu dari Kabupaten Kupang dan Kota Kupang,” jelasnya.

Disinggung hadiah yang dipersiapkan, Aris Bantaika menjelaskan, juara 1 mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp. 3,5 juta ditambah Piala Bergilir dan Piala Tetap, untuk juara dua mendapatkan uang pembinaan Rp. 3 juta rupiah dan piala tetap, juara harapan satu mendapatkan uang pembinaan Rp. 2,5 juta, dan juara harapan dua mendapatka uang pembinaan Rp. 2 juta rupiah dan piala tetap.

“Melalui kegiatan ini, kita berharap bisa membantu membina adik-adik SMP di bidang pendidikan metematika dan mengedukasi peserta lomba agar menjunjung tinggi nilai sportivitas. Selain itu, meningkatkan minat dan bakat di bidang matematika serta terus belajar dan mencintai matematika. Tidak hanya itu, lomba ini juga dapat mengeksiskan dunia pendidikan yang lebih luas, baik bidang keguruan matematika secara universitas di TTU, dan provinsi NTT hingga pusat,” ujar Bantaika diamini Yuvenalis Kewa Ama.

(aps)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top