Ekbis

Herman Pattiasina : Tidak Ada Kapal Penangkap dan Pengangkut Ikan Eks Asing di Kupang

TEROPONGNTT, KUPANG – Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kupang, Herman Pattiasina mengatakan, tidak ada kapal penangkap dan pengangkut ikan eks asing di wilayah perairan Kupang dan sekitarnya. Kalau seandainya ada, pasti ditangkap TNI Angkatan Laut.

Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kupang, Herman Pattiasina mengatakan hal itu di ruang kerjanya, Selasa (15/8/2017) siang. Saat mengatakan hal ini, Herman Pattiasina didampingi tiga pejabat KSOP Kupang yang juga adalah bawahannya.

Pernyataan Herman Pattiasina ini,  menanggapi pertanyaan wartawan perihal adanya edaran Dirjen Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan RI Nomor UH.002/46/17/SKM tanggal 7 Agustus 2017 tentang Penghapusan kapal penangkap dan pengangkut ikan eks asing dan informasi yang diterima wartawan bahwa kapal penangkap dan pengangkut ikan eks asing juga ada yang beroperasi di wilayah perairan NTT termasuk Kupang.

“Kalau di wilayah lain seperti di Natuna, di Irian/Papua, di Karimun sana, banyak kapal ikan eks asing. Tapi kalau di wilayah Kupang dan sekitarnya, sampai saat ini tidak ada,” kata Herman Pattiasina.

Sementara ketika disinggung wartaan soal adanya kapal di sekitar Pelabuhan Perikanan Tenau yang kemungkinan berasal dari Thailand, Herman Pattiasina mengatakan, semua kapal yang beroperasi di wilayah Kupang setahu dirinya tidak ada kapal eks asing.

Untuk diketahui, Edaran Dirjen Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan RI Nomor UH.002/46/17/SKM tanggal 7 Agustus 2017 tentang Penghapusan kapal penangkap dan pengangkut ikan eks asing sudah diterima pihak KSOP Kupang. Edaran tersebut ditandatangani Direktur Perkapalan dan Kepelautan, Capt. Rudiana, MM, atas nama Dirjen Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan RI ini. (max)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top