Daerah

Gubernur NTT, Frans Lebu Raya Lantik 39 Kepala Sekolah

TEROPONGNTT, KUPANG — Gubernur NTT, Drs. Frans Lebu Raya mengambil sumpah dan melantik 39 kepala sekolah SMA/SMK/SMALB di lingkup Pemerintah Provinsi NTT Tahun 2017. Lebu Raya berharap, kepala sekolah menjunjung integritas pribadi, menjalankan tugas dengan baik dan bertanggungjawab, bukan karena takut dipecat.

Acara pengambilan sumpah dan pelantikan kepala SMA/SMK/SMALB lingkup pemerintah Provinsi NTT Tahun 2017 dilaksanakan di aula Fernandes Kantor Gubernur NTT, Selasa (18/7/2017) siang.

“Kepala sekolah memiliki peran penting di sekolah untuk mendidik anak-anak, supaya mereka menjadi cerdas dan memiliki karakter yang baik. Seorang kepala sekolah harus memiliki beberapa kompetensi, tidak hanya sekedar memiliki jabatan yang tinggi, namun juga harus memiliki kepribadian yang utuh. Kepala sekolah harus bisa menjadi contoh dan teladan,” kata Gubernur NTT, Drs. Frans Lebu Raya dalam sambutannya.

Kompetensi lain yang juga ditekankan oleh Gubernur NTT, Drs. Frans Lebu Raya ialah, kemampuan manajerial, kewirausahaan, supervisi serta kompetensi sosial. Sebagai seorang pemimpin, kepala sekolah sebaiknya memiliki kemampuan manajerial.

“Pemimpin harus mampu menjalankan fungsi-fungsi manajerial, mulai dari aspek perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi,” tambah Lebu Raya.

Gubernur NTT, Drs. Frans Lebu Raya juga menekankan peran seorang kepala sekolah untuk mengupayahkan kemandirian sekolahnya. Beliau berharap agar kepala sekolah mampu mendorong munculnya insiatif-inisiatif di sekolah untuk memanfaatkan sumberdaya yang ada, mendukung pembangunan sekolah dan menambah kesejahteraan guru.

Lebu Raya mengingatkan para kepala sekolah untuk mengontrol tugas-tugas guru dan proses belajar-mengajar yang bisa memberikan kenyamanan. Ia juga meminta agar lingkungan sekolah dapat membuat siswa-siswi betah berada di dalamnya.

“Sekolah harus bisa membuat siswa betah berada di sana. Dengan cara membuat lingkungan yang asri, indah, nyaman,” kata Lebu Raya.

Kepala sekolah, kata Lebu Raya, tidak perlu disibukan dengan hal-hal yang tidak penting. Harus tetap fokus untuk membuat anak-anak menjadi cerdas dan berkarakter. Para kepala sekolah, agar memegang teguh prinsip sebagai seorang pemimpin yakni harus cerdas, mengerti apa yang menjadi kekurangan dan kelebihannya, cinta kasih, dan semangat.

“Keempat hal ini sering disebut sebagai prinsip dalam melaksanakan tugas. Keempat prinsip ini diyakini dapat membantu meningkatkan mutu pendidikan kita di NTT,” kata Lebu Raya.

Acara pelantikan 39 kepala sekolah SMA/SMK/SMALB di lingkup Pemerintah Provinsi NTT Tahun 2017 ini dihadiri Plt. Sekretaris Daerah NTT, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi NTT, perwakilan tokoh agama dan undangan lainnya. (*/Siaran Pers Biro Humas NTT).

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top