Daerah

Gua Maria Bitauni, Salah Satu Wisata Religius di TTU

TEROPONGNTT, KEFAMENANU — Salah satu tempat yang dijadikan wisata religius di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) adalah Gua Maria Bitauni. Tempat Wisata Religius Gua Maria Betauni berasal-usul dari gua keramat Ustauni, yang selanjutnya dijadikan benteng pertahanan suku Aplasi (Silab Aplasi), Taolin, Pakaenoni dan Tutpai.

Perihal Tempat Wisata Religius Gua Maria Betauni dililis website http://pariwisata.serverjogja.com yang dikutip media ini, Jumat (1/9/2017). Dalam website ini tertulis, setelah menempati gua ini setiap tahun, suku Aplasi melaksanakan paskah adat yang disebut Kaos Toli (menyingkap kain penutup), diiringi dengan tarian bidu-bidu bola (tarian bidu gua).

Gua Bitauni yang berjarak kurang lebih 34 kilo meter dari Kota Kefamenanu dan 3 kilometer dari kota kecamatan merupakan tempat ziarah bagi seluruh umat Katolik di Keuskupan Atambua. Juga menjadi tempat prosesi jalan salib diwaktu Paskah atau doa rosario sepanjang bulan Mei dan Oktober.

Terletak disebuah bukit batu yang ditutupi hutan tropis dan dibawahnya pohon beringin dan pohon-pohon pelindung lainnya, Gua Maria Betauni menambah suasana hening dan khidmat untuk berdoa. Banyak orang telah mengenal Gua Maria Betauni sebagai obyek wisata religius yang patut dikunjungi.

Selain tempat wisata religius Gua maria Betauni,  http://pariwisata.serverjogja.com juga merilis beberapa lokasi wisata lainnya di wilayah Kabupaten TTU. Seperti, Pantai Wini yang terletak Kecamatan Insana Utara, dan Pantai Tanjung Bastian di Kelurahan Humusu C, Kecamatan Insana Utara. (*)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top