Ekbis

Festival Tanaman Hias Meriahkan HUT Faperta Undana

TEROPONGNTT, KUPANG – Festival tanaman hias dan buah digelar di halaman kampus Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Nusa Cendana (Undana), Selasa (30/8/2016). Berbagai jenis tanaman hias dan buah ditampilkan pada kegiatan yang digelar untuk memeriahkan hari ulang tahun (HUT) Faperta ke-34 sekaligus menyambut HUT Undana ke-54 ini.

Selain memamerkan berbagai jenis tanaman hias dan buah, juga digelar beberapa perlombaan seperti lomba tanaman hias, lomba merangkai bunga, lomba kuliner, buah serta lomba tanaman buah dan pot. Bukan cuma mahasiswa dan dosen Faperta yang terlibat, para alumni Faperta Undana juga turut ambil bagian.

Pembantu Rektor Bidang Akademik Undana, Dr. David B. W. Pandie, MS mengatakan, kegiatan festival sejalan dengan pola ilmiah pokok (PIP) yang telah ada sejak tahun 1982. Selain itu, festival tanaman hias dan buah mendapat dukungan dan kerjasama dari semua stakeholders.  Karenanya, kegiatan festival harus dilakukan secara baik, sistematis dan lebih luas, sehingga bisa dirasakan manfaatnya.

Sementara ketua panitia kegiatan festival tersebut, Dr Tomycho Olviana, SP. MMA menjelaskan, kegiatan festival juga melibatkan beberapa instansi pemerintah seperti Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi NTT, Dinas Pertanian dan Penyuluhan Kota Kupang, Dinas Pertanian Kabupaten Kupang, Dinas Ketahanan Pangan Kota Kupang, Politeknik Pertanian Negeri (Politani) Kupang, CV Mutiara dan lainnya.

Dikatakan Olviana, festival bertujuan memberi pelajaran kepada masyarakat terutama mahasiswa tentang keanekaragaman hayati.  Selain itu, sebagai ajang daya dan kreasi sekaligus uji kompetensi mahasiswa tentang pertanian. (nia)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top