Daerah

Edukasi Kesehatan ‘Anak Tangga’ Ala Dokter Dominikus Minggu Mere

TEROPONGNTT, KUPANG – Ada banyak cara bisa digunakan untuk melakukan sosialisasi dan edukasi kesehatan kepada masyarakat. Ada yang berupa penyuluhan, ada yang berbentuk seminar, ada yang menggunakan pamflet, iklan di media masa, media social, papan reklamasi dan lain-lain. Tapi ada juga yang memilih cara-cara unik agar lebih diingat setiap orang yang mendengar atau melihatnya.

Seperti cara unik yang dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi NTT. Dinkes ini memilih cara unik sosialisasi dan edukasi kesehatan menggunakan anak tangga sebagai medianya. Setiap orang yang datang ke kantor Dinkes Provinsi NTT untuk suatu urusan atau hanya sekedar jalan-jalan pun, jika menaiki anak tangga dari lantai satu menuju lantai dua gedung kantor dinkes tersebut, akan melihat tulisan-tulisan berisi pesan kesehatan di anak tangga yang ditapaki.

Ada banyak pesan edukasi kesehatan yang disosialisasikan melalui tulisan pada setiap anak tangga menuju lantai dua kantor Dinkes Provinsi NTT. Agar menjadi menarik perhatian, tulisan di setiap anak tangga dibuat berwarna-warni dan tetap indah dipandang. Diyakini, setiap orang yang menaiki anak tangga pasti membaca tulisan yang ada meski bukan semuanya.

Seperti yang dilihat wartawan Teropongntt.com saat mendatangi kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi NTT, Senin (7/7/2020) siang. Beberapa tulisan yang sempat dibaca diantaranya berbunyi, “Tidak Merokok di Dalam Rumah”, “Makan Buah dan Sayuran Setiap Hari”, Memberantas Jentik di Rumah Sekali Seminggu”, “Menggunakan Jamban Sehat”, “Mencuci Tangan Dengan Air Bersih dan Sabun”, “Membuang Sampah pada Tempatnya,” dan lain-lain.

Tulisan-tulisan pada anak tangga ini sepertinya sudah ada sejak lebih dari satu tahun yang lalu. Karena ada warna tulisan yang mulai pudar. Ini berarti pula, sudah banyak orang yang membaca tulisan tersebut, selain para pegawai di dinkes itu sendiri. Kecuali, jika orang yang berkunjung hanya sampai di halaman kantor dinkes tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi NTT, Dominikus Minggu Mere mengatakan, tulisan di setiap anak tangga gedung kantor dinkes tersebut merupakan salah satu bentuk sosialisasi kesehatan kepada masyarakat. Meskipun mungkin tidak banyak orang yang datang ke kantor dinkes tersebut.

Ini adalah Edukasi Kesehatan ‘Anak Tangga’ Ala Dominikus Minggu Mere. Edukasi kesehatan anak tangga yang mulai ada ketika dokter Domi Mere, begitu Dominikus Minggu Mere biasa disapa, menjadi Kadis Kesehatan Dinkes Provinsi NTT.

(max)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top