Daerah

Dua Mobil Tangki Rusak, Penyaluran Bensin ke SPBU di Kupang Terganggu

TEROPONGNTT, KUPANG – Penyaluran bahan bakar minyak (BBM) jenis premium atau bensin ke sejumlah SPBU di Kota Kupang sempat terganggu selama dua hari, Senin dan Selasa (11-12/9/2017). Ternyata penyebabnya adalah, dua mobil tangki milik PT Pertamina yang ada di Depot Pertamina Tenau Kupang mengalami kerusakan.

“Kemarin ada kendala pengiriman karena dua mobil tangki di (Depot Pertamina) Tenau rusak. Satu mobil tangki berkapasitas 24 ribu liter, satunya lagi berkapasitas 16 ribu liter. Selain itu, satu pompa premium dari tangki besar untuk mengisi premium ke mobil tangki di Tenau juga rusak,” kata Marketing Branch PT Pertamina (Persero) NTT, Fanda Chrismianto ketika dikonfirmasi di ruang kerjanya, Selasa (12/9/2017) siang.

Menurut Fanda, akibat rusaknya dua mobil tangki dan satu pompa premium di Depot Pertamina Tenau, maka penyaluran premium ke SPBU menjadi kurang optimal. Terjadilah keterlambatan pengiriman premium ke SPBU, sehingga berdampak SPBU sempat mengalami kekosongan stok.

Fanda menjelaskan hal ini, ketika dikonfirmasi wartawan perihal kekosongan stok premium yang terjadi di beberapa SPBU di wilayah Kota Kupang, Selasa (12/9/2017). Kekosongan stok premium di SPBU sempat menjadi pertanyaan warga terutama pengguna kendaraan yang membutuhkan BBM jenis premium.

Bahkan sempat beredar informasi, akan ada pembatasan jumlah premium karena akan dialihkan ke BBM jenis pertalite dan pertamax. Kekosongan stok premium juga membuat pihak operator SPBU hanya melayani BBM jenis pertalite, pertamax, pertaminadex dan solar. Meskipun bensin atau premium eceran masih banyak dijual di pinggir-pinggir jalan dalam Kota Kupang.

“Langkah tindak lanjutnya, pompa premium di Tenau sudah selesai diperbaiki tadi malam (Senin, 11/9/2017). Kemudian, mobil tangki memang masih rusak, tapi kita akan pakai mobil tangki cadangan untuk memasok premium ke SPBU. Yang biasanya, selama ini mobil cadangan itu dipakai untuk mengirim BBM industry,” kata Fanda.

Soal informasi mengenai pembatasan premium dan akan diganti dengan pertalite dan pertamamax, menurut Fanda, informasi tersebut tidak benar.  Karena SPBU sempat mengalami kekosongan premium akibat keterlambatan pengiriman, yang disebabkan dua mobil tangki milik PT Pertamina yang ada di Depot Pertamina Tenau Kupang mengalami kerusakan dan satu pompa premium juga rusak.

“Hari ini (Selasa, 12/9/2017) permintaan premium itu ada 3.336 kiloliter untuk SPBU. Akan kita upayakan semua terlayani hari ini. Kita akan pakai mobil cadangan. Memang beberapa SPBU seperti SPBU Silvia, Oebobo, dan lainnya sempat terjadi kekosongan stok,” kata Fanda.

Dikatakan Fanda, stok premium di Depot Pertamina Tenau mash banyak. Masyarakat tak perlu resah karena penyaluran premium segera normal kembali.

“Petugas operator di SPBU itu tidak tahu, hanya managernya yang tahu alasannya mengapa terjadi keterlambatan pasokan premium . Rencana pembatasan premium itu isu saja. Terlalu jauh itu,” kata Fanda. (max)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top