Daerah

DPRD Kota Dukung Rencana Walikota Soal Anggaran Pendidikan

TEROPONGNTT, KUPANG — Rencana Walikota Kupang , Jefry Riwu Kore dalam memberikan anggaran yang besar bagi sekolah dasar (SD) didukung oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kupang. Meski demikian, diharapkan melihat urgensi kebutuhan pendidikan sekolah dasar (SD) terlebih dahulu.

Demikian dikatakan Wakil Komisi lV DPRD Kota Kupang, Theodora Ewalde Taek di kantor DPRD Kota Kupang, Rabu (30/8/2017).  “Tentunya kami mendukung setiap upaya yang akan dilakukan Walikota, sejauh untuk kepentingan bersama,” kata Theodora.

Meskipun demikian, Theodora mengatakan, sebagai anggota dewan, dirinya akan terlebih dahulu melihat urgensi kebutuhan pendidikan Sekolah Dasar, setelah itu baru bersama-sama pemerintah menyetujui anggarannya.

“Sebagai mitra, tentu kami akan melihat urgensi kebutuhan pendididkan dasar dan sama-sama pemerintah menyetujui, sejauh anggaran mencukupi dan bersifat urgen. Misalnya, pada peningkatan sarana dan prasarana,” jelasnya.

Terkait kesejateraan guru, kata Theodora,  akan terlebih dahulu memilahkan antara guru ASN dan guru honor komite sekolah. Sebab, kesejateraan guru ASN sudah mencukupi, namun untuk guru honor komite selama ini begitu memprihatinkan.

Untuk Guru Honor Komite, lanjut Theodora, telah ada Perda Kota Kupang no 7 tahun 2016 tentang Pendidikan, dimana pemberian intensif tenaga honorer Rp 500 ribu dengan persyaratan yang ditetapkan dinas terkait.

“Selama ini, honorer komite gajinya  200 – 500 ribu rupiah, karena dibayarkan dari dana BOS,” ujar Theodora.

Untuk itu, Theodora memberikan apresiasi kepada Walikota Kupang, Jefry Riwu Kore, yang punya perhatian besar terhadap pendidikan dasar.

Sebelumnya, Selasa, (29/8/2017), Walikota Kupang, Jefry Riwu Kore berjanji akan meminta DPRD Kota Kupang mengalokasikan anggaran yang besar untuk Sekolah Dasar (SD) di Kota Kupang.

“Nanti saya akan meminta dewan untuk membantu anggaran yang besar, karena SD menjadi peletak dasar pendidikan, maka harus diperkuat,” uajr Jefry saat membuka kegiatan Hala Bihalal para Guru SD/MI dan tenaga pengajar di GOR Oepoi, Kupang.

Jefry mengatakan, karena SD menjadi peletak dasar setiap kemajuan, para guru memiliki tanggung jawab yang besar untuk mencerdaskan anak bangsa dengan pola pendidikan yang baik.

“Kalau tidak disiapkan secara baik, maka akan menjadi rusak bangsa ini kedepannnya,” ujarnya

Jefry mengatakan, dirinya mempunyai harapan besar pada pendidikan di Kota Kupang, sehingga segala fasilitas yang berkaitan dengan pendidikan akan diutamakan. Pasalnya,  fasilitas menjadi faktor penunjang terpenting dalam pendidikan, selain, Sumber Daya Manusia, termasuk pemberdayaan para Guru.

“Saya minta Kepala Dinas dapat mencatat dengan baik.Karena kebetulan saya mantan DPR jadi saya tahu anggaran ada dimana, sehingga  saya akan minta meraka untuk membantu kami.  Untuk itu saya minta agar pastikan usulan proposal akan kebutuhan pendidikan dari sekolah diberikan kepada Kepala Dinas, ” pinta Jefry.

Ia.   sangat prihatin dengan para tenaga honorer, sudah bekerja puluhan tahun namun tidak ada perhatian dari Pemerintah soal kesejateraan mereka. (tim)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top