Daerah

Dishub Ende Serahkan 8 Unit Mobil Pick Up Kepada 8 Bumdes

TEROPONGNTT, ENDE —  Dinas Perhubungan (Dishub) Ende menyerahkan bantuan berupa delapan (8) unit mobil Pick Up kepada BUMDes di delapan (8) desa dalam wilayah Kabupaten Ende. Penyerahan dilakukan pada puncak perayaan HUT ke-48 Perhubungan RI.

Hal ini diungkapkan Kabid Darat Dishub Ende, Ibrahim saat diwawancarai awak media di aula lantai dua Pelindo Ende, Selasa (17/9/2019). Delapan BUMDes tersebut yakni BUMDes Desa Kerirea, BUMDes Desa Jemburea, BUMDes Desa Kebirangga Tengah, BUMDes  Desa Kolikapa, BUMDes  Desa Nuaone, dan BUMDes Desa Golulada, serta BUMDes Desa Lepembusu dan BUMDes Desa Kelisoke.

Ibrahim menyebutkan, BUMDes  delapan desa tersebut mendapat bantuan hibah dana DAK afirmasi tahun 2019 dari pemerintah pusat melalui Kementrian Desa Tertinggal dan Transmigrasi.

Selain delapan unit mobil pick up, Ibrahim mengutarakan, ada pula penyerahan bantuan berupa dua buah pelampung yang diperuntuhkan khusus untuk perahu motor Al Amin dan perahu motor Jari Jawa.

Sumber bantuan ini, menurutnya, merupakan bantuan hibah dana DAK oleh pemeritah pusat yang akan diperuntuhkan bagi pemerintah desa, agar dikelola secara langsung dalam menjawabi kebutuhan masyarakat desa tertinggal.

Namun disisi lain, Ibrahim menerangkan, pengelolaan sepenuhnya oleh BUMDes pemerintah desa dan tugas Dinas Perhubungan hanya mendampingi dan memantau secara langsung, disaat bantuan berupa mobil pick up tersebut mulai beroperasi di lapangan.

Ibrahim mengatakan, Bumdes wajib bekerjasama dengan pemerintah desa, sehingga masyarakat yang tinggal dan menetap di daerah terpencil dapat memenuhi kebutuhan pelayanan secara maksimal. Misalnya, pelayanan transportasi untuk muat hasil bumi dapat terlaksana dan pelayanan kepada orang sakit atau pun kegiatan pemerintah desa lainnya dapat dilayani secara baik dan semaksimal mungkin.

ementara Ketua BUMDes Jembu Jaya Desa Jembu Rea, Basilius B. Biga mengatakan, mereka sangat berterima kasih kepada pemerintah pusat dan daerah karena telah memfokuskan perhatian kepada masyarakat desa. “Kami juga berterima kasih karena melalui bantuan tersebut, dapat menunjang aktifitas masyarakat dan dapat melancakan akses transportasi bongkar muat hasil komoditi yang ada di desa,” katanya.

(Rian Laka)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top