Daerah

Darwis Sitorus Ajak Warga NTT Sukseskan Sensus Penduduk 2020 Dengan Mengisi Data SP Online

TEROPONGNTT, KUPANG – Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) NTT, Darwis Sitorus mengajak seluruh masyarakat NTT untuk menyukseskan pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 atau SP2020 dengan mengikuti setiap tahapan kegiatan sensus. Tahap pertama pelaksanaan SP2020 adalah dengan mengisi data sensus melalui Sensus Penduduk Online atau SP Online.

Ajakan ini disampaikan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) NTT, Darwis Sitorus saat menggelar jumpa pers perkembangan inflasi NTT bulan Januari 2020 di kantor BPS tersebut, Senin (3/2/2020). Jumpa pers dihadiri puluhan wartawan serta perwakilan dari berbagai lembaga atau instansi terkait.

Dijelaskan Darwis Sitorus, ada tiga tahapan pengumpulan data dalam pelaksanaan SP2020 yakni Sensus Penduduk Online (SP Online) di bulan Februari – Maret 2020, Sensus Penduduk Wawancara (SP Wawancara) di bulan Juli 2020, dan Pencacahan Sampel di bulan Juli 2021. Sensus Penduduk Online (SP Online) akan berlangsung mulai tanggal 15 Februari 2020 sampai dengan 31 Maret 2019. Kegiatan SP Online akan dipantau secara serius oleh BPS NTT.

“Cara mengisi datanya sangat mudah. Bisa menggunakan laptop atau gadget yang terhubung dengan jaringan internet. Langkah pertamanya adalah membuka website https://www.bps.go.id/sp2020, kemudian mengisi pertanyaan yang muncul secara benar sesuai data ependudukan masing-masing,” jelas Darwis Sitorus.

Pengisian biodata mulai dengan nama, alamat dan seterusnya, kata Darwis Sitorus, harus dilakukan secara benar, baik secara de facto maupun secara de joure. De facto contohnya, menyangkut alamat tempat tinggal saat ini. Tetapi de joure, contohnya, tercatat sesuai kartu identitas (KTP) sebagai penduduk NTT tetapi saat ini tinggal di luar NTT karean menjadi mahasiswa atau tugas lainnya.

Untuk menyukseskan pelaksanaan SP Online, kata Darwis Sitorus, pihak BPS NTT akan mendatangi lembaga atau instansi pemerintah, BUMN dan BUMD secara satu persatu, untuk mensosialisasikan tata cara pengisia data dalam SP Online. Lembaga atau instansi pemerintah ii kemudian diharapkan dapat mengajarkan atau mensosialisasikan kepada yang lainnya yang belum mengetahui tatacara pengisian SP Online.

“Kami berharap teman-teman wartawan juga dapat mengisi SP Online dan membantu mensosialisasikan kepada masyarakat secara luas. Mari kita sukseskan SP2020 yang dimulai dengan mensukseskan SP Online,” kata Darwis Sitorus.

(max)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top