Daerah

Danau Tiwu Lewu Masuk Obyek Wisata Pilihan Kabupaten Ende

TEROPONGNTT, KUPANG – Kabupaten Ende memiliki 36 obyek wisata pilihan yang menjadi andalan. Selain Taman Nasional Kelimutu dan Rumah Pengasingan Bung Karno yang sudah sangat terkenal, wisata alam Danau Tiwu Lewu juga masuk menjadi salah satu obyek wisata pilihan.

Demikian termuat dalam website http://tourism.nttprov.go.id, sebuah website resmi Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi NTT yang menampilkan Informasi Objek Wisata, Hotel, Restoran, Biro Perjalanan, Event Wisata dan lain-lain.

Seperti termuat dalam website tersebut, Tiwu Lebu merupakan sebuah danau yang terletak di Desa Kebirangga Tengah, Kecamatan Maukaro dengan luas areal sekitar 5.000 meter persegi. Danau Tiwu Lewu memiliki alam yang sangat alamiah, indah dan belum tersentuh.

Dari Kota Ende menuju Kecamatan Maukaro dapat ditempuh melalui dua jalur yaitu dari arah timur melalui Detusoko dengan jarak kira-kira 110 kilometer. Bisa juga melalui jalur barat melewati Kecamatan Nangapanda dengan jarak sekitar 60 kilometer.

Sementara dari ibu kota Kecamatan Maukaro menuju lokasi Danau Tiwu Lewu jaraknya kira-kira 3,5 kilometer. Menuju lokasi Danau Tiwu Lewu harus ditempuh dengan berjalan kaki dari kantor Desa Kebirangga Tengah selama 30 menit atau sekitar 1,5 kilometer jaraknya. Namun, perjalanannya bakal menyenangkan karena melewati areal perkebunan dan persawahan warga.

Menurut cerita penduduk sekitarnya, seperti termuat dalam website ini, di dalam danau tersebut terdapat buaya, meski tidak diketahui pasti berapa jumlah buayanya. Selain itu, di sekitar Danau Tiwu Lewu terdapat rawa-rawa atau lumpur hidup, sehingga danau tidak dapat dilihat dari jarak dekat.

Untuk bisa melihat keindahan alam danau ini, pengunjung harus sedikit mendaki ke bukit di sekitar danau. Sementara di sebelah utara danau, juga terbentang area persawahan Obo yang memikat karena suasana dan hijaunya persawahan. Di atas perbukitan, juga terdapat Gua Maria Tiwu Lewu dan dari lokasi gua Maria ini pengunjung dapat menikmati keindahan Danau Tiwu Lewu karena posisinya yang berada di ketinggian. (nia)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top