Daerah

Candidate Master Nasional (CMN), Tonny Banunaek Juarai Paris Cup I

TEROPONGNTT, SOE — Candidate Master Nasional (CMN), Tonny Banunaek keluar sebagai juara pada pertandingan catur memperbutkan piala Pasar Inpres Cup Soe I yang diselenggarakan Komunitas Catur Pasar Inpres Soe.

Tony Banunaek yang berulangkali menjuarai pertandingan catur tingkat Provinsi NTT ini dengan mudah mengalahkan pecatur kenamaan lainnya di Kota Soe seperti Kornelis Lambo alias Racun, Deny Konay, Charles Unu, Ayub Feo dan Petrus Lobo serta Basry.

Saat ini, Tony Banunaek juga tengah mempersiapkan diri untuk mengikuti kejuaraan catur tingkat nasional (kejurnas) yang akan digelar di Ambon, Provinsi Maluku pada bulan Oktober mendatang.

Pria asal Desa Anin, Kecamatan Amanatun Selatan, Kabupaten TTS  ini menyabet piala dan hadiah uang pembinaan. Sementara juara ke-2 diraih Jemy Wonlele,  juara ke-3 diraih Basry dan juara ke-4 diraih Yohanis Soinbala.

Wakil Bupati TTS, Army Jhony Konay dalam arahannya mengatakan, jika pemerintah Kabupaten TTS akan memperhatikan perlombaan catur melalui Percasi Soe dan KONI TTS dalam membina dan memupuk bakat dan minat guna menghasilkan pecatur-pecatur handal dari Kabupaten TTS.

“Inisiatif mengadakan perlombaan catur ini oleh komunitas pecatur di Pasar Inpres Soe, saya sebagai Wakil Bupati TTS memberikan penghargaan dan perhatian, supaya perlombaan catur ini terus dilakukan,” kata Army Jhony Konay.

Pemerintah Kabupaten TTS, lanjut Army Konay,  memberikan apresiasi yang tinggi dan respon positif, dan tentunya menjdi catatan bagi pemkab TTS untuk mengembangkan bakat dan minat catur yang dimiliki masyarakar.

Sementara Ketua Panitia Pertandingan Catur Pasar Inpres Soe, Ir. Pieter Pah dalam laporannya mengatakan, lomba catur ini diikuti 74 pecatur dari semua kalangan dan dilaksanakan selama tanggal 28–31 Agustus 2019.  Komunitas Catur Pasar Inpres Soe akan terus melakukan perlombaan catur setiap tahunnya.

(PR)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top