Daerah

Bupati Tahun ‘Sakiti’ 19 Guru TK di Peringatan Hari Guru

TEROPONGNTT, SOE — Sebanyak 19 orang guru Taman Kanak Kanak (TK) yang namanya terdaftar dalam SK Bupati TTS untuk dilantik sebagai Kepala Sekolah TKK, ditunda pelantikannya tepat di puncak peringatan Hari Guru, Senin 25 November 2019. Penundaan pelantikan 19 orang guru TKK ini dilakukan Bupati TTS, Epy Tahun, enam jam sebelum acara pelantikan dimulai.

Parahnya, penundaan pelantikan tersebut hanya melalui pesan singkat WhatsApp (WA) atau telepon selular kepada para guru yang sudah menerima undangan pelantikan. Rencananya pelantikan akan dilaksanakan di Taman Rekreasi Bu’at, Senin (25/11/2019). Pendundaan ini membuat para calon kepala sekolah merasa tersakiti.

Mia Dethan, salah seorang guru TKK Ade Irma Kobalete yang menerima undangan pelantikan sebagai kepala sekolah, kepada media ini di Taman Rekreasi Bu’at, Senin (25/11/2019), mengaku sangat kecewa dengan sikap Bupati Tahun, yang memerintah kepada Kadis P dan K Kabupaten TTS, Drs. Edison Sippa, untuk mengirim pesan singkat WhatsApp (WA) dan telepon kepada 19 guru untuk memberitahuan penundaan pelantikan pada pukul 21:00 wita.

“Saya sangat kecewa dengan keputusan Bupati tersebut. Kami sudah siap segala sesuatu untuk ikut pelantikan tapi sekitar jam 9 malam tadi (pukul 21:00 wita), kami dapat pesan WhatsApp (WA)  dan ada juga yang mendapat telepon dari Pak Kadis P dan K, bahwa pelantikan untuk kepala sekolah TKK ditunda,”ungkap Mia Dethan yang diamini oleh rekannya, Theresia Tampani.

Sementara surat undangan untuk pelantikan, demikian Mia Dethan, diterima sejak hari Jumat (22/11/2019).

“Surat undangan pelantikan kami terima sejak hari Jumat 22 November 2019. Kenapa tadi malam baru ada pemberitahuan bahwa kami tidak jadi dilantikan hari ini dan ditunda pelantikannya. Ada apa sebenarnya?,” kata Mia yang mengaku tidak ada penjelaskan alasan penundaan pelantikan.

Sementara Kepala Dinas P dan K Kabupaten TTS, Drs. Edison Sippa yang diwawancarai di sela-sela acara pelantikan 178 Kepala Sekolah SD dan SMP di Taman Rekreasi Bu’at, Senin (25/11/2019), menjelaskan bahwa dirinya mendapat perintah dari Bupati untuk menunda pelantikan 19 orang Kepala Sekolah Taman Kanak Kanak (TK) tersebut.

“Saya mendapat perintah dari bapa bupati untuk menunda pelantikan 19 Kepala Sekolah TKK. Dari perintah tersebut saya lanjutkan ke 19 orang guru TKK bahwa pelantikan mereka ditundah,” jelas Sippa.

Sippa juga tidak mengetahui secara pasti alasan Bupati TTS, E.P. Tahun  menunda pelantikan terhadap 19 kepala sekolah tersebut. Sippa malah meminta agar menanyakan langsung alasan penundaan kepada Bupati TTS.

“Kalau soal alasan penundaan pelantikan, silakan tanyakan langsung kepada bapak Bupati. Mungkin beliau ada pertimbangan atau alasan lain. Tugas kami di Dinas P dan K hanya mengusulkan nama calon kepala sekolah kepada Bupati melalui BKPP dan nantinya dibahas ditingkat Baperjakat,” kata Sippa.

(PR)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top