Daerah

Bulog NTT Gelar Pasar Murah Untuk Mencegah Panic Buying

FOTO : Kepala Perum Bulog Divre NTT, Taufan Akib

TEROPONGNTT, KUPANG — Perum Bulog Divre NTT bekerja sama dengan sejumlah BUMN dan perusahaan swasta seperti Hypermart, BNI, BRI, Pegadaian, Dekranasda NTT dan La Moringa serta lainnya, menggelar Pasar Murah di halaman depan kantor Bulog Divre NTT, Rabu (4/3/2020). Pasar Murah digelar untuk menjaga stabilitas harga serta mencegah terjadinya panic buying yang dapat menimbulkan inflasi dan memberi dampak buruk bagi perekonomi bangsa..

Panic buying adalah tindakan membeli sejumlah besar produk yang tidak biasa untuk mengantisipasi atau setelah bencana dan atau bencana yang dirasakan, atau mengantisipasi kenaikan harga. Sejumlah barang yang dipasarkan pada kegiatan Pasar Murah ini diantaranya bahan kebutuhan pokok berupa beras, minyak goreng, bawang merah dan bawang putih dan lain-lain.

Setiap lembaga atau instansi yang mengajdi peserta membuka stan masing-masing guna memasarkan produk atau barang miliknya. Kegiatan pasar murah mendapat sambutan positif dari warga Kota Kupang dan sekitarnya yang dapat dilihat dari banyaknya warga yang berkunjung dan berbelanja barang kebutuhan pokok di kegiatan Pasar Murah tersebut.

“Kegiatan pasar murah ini digelar untuk menyampaikan kepada masyarakat bahwa warga tidak perlu melakukan panic buying. Karena sesungguhnya stok pangan atau bahan kebutuhan pokok masih sangat cukup. Masyarakat tidak perlu kuatir,” kata Kepala Perum Bulog Divre NTT, Taufan Akib kepada wartawan di sela-sela kegiatan pasar murah tersebut, Rabu (4/3/2020).

Menurut Taufan Akib, kegiatan pasar murah seperti ini akan terus dilakukan Bulog NTT dengan menggandeng berbagai pihak baik BUMN, BUMD, instansi pemerintah maupun lembaga swasta. Sehingga memudahkan masyarakat dalam mendapatkan bahan kebutuhan pokok dan tidak perlu melakukan penimbunan atau pembelian dalam jumlah yang berlebihan.

“Khusus untuk gula pasir, memang stok gula pasir di Bulog NTT telah habis sejak Desember 2019, karena itulah kita menggandeng Hypermart untuk menyediakan gula pasir bagi mamsyarakat. Kami sedang mengusahakan untuk mendatangkan gula pasir,” katanya.

Dijelaskan Taufan Akib, kegiatan Pasar Murah akan berlangsung selama tiga hari hingga Jumat (6/3/2020). Warga yang membutuhkan bahan kebutuhan pokok dipersilahkan untuk memanfaatkan kegiatan Pasar Murah yang digelar di halaman kantor Bulog NTT tersebut.

(max)

 

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top