Daerah

BPS NTT Gelar Sosalisasi Sensus Peduduk 2020 dan Workshop Wartawan

TEROPONGNTT, KUPANG — Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi NTT menggelar Sosialisasi Sensus Penduduk 2020 (SP2020) yang dirangkai degan kegiatan Workshop Wartawan Menuju Satu Data Indonesia. Selain para wartawan, kegiatan ini juga diikuti perwakilan humas dan infokom dari berbagai instansi pemerintah.

Kegiatan Sosialisasi SP2020 dan Workshop Wartawan Menuju Satu Data Indonesia digelar di Hotel Sotis Kupang,  Kamis (5/12/2019).

Kepala BPS Provinsi NTT, Drs. Darwis Sitorus, M.Si dalam sambutannya, mengatakan, Perpres Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia merupakan babak baru dalam tata kelola data dan informasi statistik sektoral di Indonesia. Dengan Perpres ini, kita kembali berbenah, bekerja secara bersama dan terkoordinir, mewujudkan data yang lebih berkesinambungan, akurat dan terpadu.

“BPS Provinsi NTT berkewajiban untuk melakukan pembinaan penyelenggaraan Satu Data Indonesia sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Satu Data Indonesia  penting dalam memberikan keakuratan, kelengkapan dan kesesuaian data di berbagai pihak,” kata Darwis.

SP2020 disosialisasikan juga kepada wartawan, kata Darwis, karena pers atau media baik cetak maupun elektronik dan online merupakan mitra penting BPS dalam menyebarluaskan iformasi mengenai SP2020 dan Satu Data Indonesia kepada masyarakat. Media merupakan corong informasi yang akurat, dengan interpretasi yang tepat, tidak multitafsir, mudah dipahami, berbobot, independent dan berimbang.

Pada kesempatan ini, Darwis juga mengajak seluruh lembaga terkait, untuk mengaktifkan kembali pertemuan forum data baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota. Sehingga satu data Indonesia benar-benar terlaksana sampai ke semua tingkatan pemerintahan, lembaga dan instansi.

(max)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top