Daerah

BPBD Provinsi NTT Gelar Workshop Kesiapsiagaan Bencana

TEROPONGNTT, KUPANG — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi NTT menggelar Workshop Pelaksanaan Hari Kesiapsiagaan Bencana Tingkat Provinsi NTT di Aula Gereja Eklesia Lasiana Kupang, Rabu (24/4/2019). Kegiatan workshop mengusung tema “Perempuan Menjadi Guru Siaga Bencana, Rumah Menjadi Sekolahnya”.

Workshop Pelaksanaan Hari Kesiapsiagaan Bencana Tingkat Provinsi NTT ini diikuti para perempuan NTT yang berada di wilayah Kota Kupang dan Kelurahan Lasiana khususnya.

Wakil Gubernur NTT, Yosef Nae Soi dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten II Setda Provinsi NTT, Alexander Sena mengatakan, masyarakat dan dunia usaha harus memiliki kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana. Karena itu, masyarakat harus memiliki pengetahuan dan pelatihan tentang tatacara menghadapi dan menghindari diri dari bencana alam.

Dikatakan Yosef Nae Soi, menggelar workshop kesiapsiagaan bencana adalah tugas pokok BPBD dalam menangani bencana. Karena itu diharapkan, BPBD bisa menyampaikan materi secara baik sehingga dipahami masyarakat yang menjadi peserta workshop.

Sementara Ketua PKK Provinsi NTT, Yulie S. Laiskodat mengatakan, bencana selalu dihubungkan dengan payung karena bencana datangnya tanpa rencana. Karena itu, sangat penting bagi kita untuk mencegah supaya terhindar dari bencana dan tahu tentang cara mencegah dan menghindari diri dari bencana.

Kepada kaum perempuan, Yulie S. Laiskodat mengajak untuk menjadi ujung tombak dalam keluarga. Perempuan harus gunakan talenta yang dianugerahkan Tuhan untuk menghadapi bencana baik sebelum bencana, saat bencana dan sesudah bencana.

Kepala BPBD Provinsi NTT, Thomas Bangke, SE, M.Si  mengatakan, NTT adalah provinsi yang mempunyai indeks resiko bencana tinggi dan menduduki urutan ke 4 di Insonesia. Karena itu, workshop menjadi sangat perlu untuk diadakan sekaligus untuk memperingati hari kesiapsiagaan bencana.

(*)

 

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top