Tips & Kesehatan

Bincang-Bincang Tentang JKN-KIS, BPJS Kesehatan Cabang Kupang Gelar Acara Ngopi Siang Bersama Awak Media

TEROPONGNTT, KUPANG — Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Kupang menggelar acara “Ngopi Siang Bersama Awak Media” guna membahas perkembangan pelaksanaan program JKN-KIS di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT). Acara ini diikuti sekitar 30-an wartawan dari berbagai media, baik media cetak, televisi, radio maupun media daring.

Acara “Ngopi Siang Bersama Awak Media” dilaksanakan di Hotel Sotis Kupang, Rabu (16/9/2020).  Pada acara ini, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kupang, dr. Fauzi Lukman Nurdiansyah, M.M., juga melakukan sosialisasi Peraturan Presiden Nomor 64 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedua Atas Perpres 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan.

Dijelaskan Fauzi, Perpres Nomor 64 Tahun 2020 merupakan upaya membangun ekosistem jaminan kesehatan nasional (JKN) yang sehat dan berkesenambungan. Dalam perpres ini diatur bahwa mulai Juli 2020,  peserta PBPU dan Peserta BP kelas III BPJS Kesehatan membayar iuran hanya sebesar Rp25,500/orang/bulan, karena selisih iuran sebesar Rp16,500 dibayar oleh pemerintah.

“Mungkin belum semua masyarakat NTT mengetahui hal ini, sehingga melalui pemberitaan media serta peran para kader JKN, masyarakat menjadi memahaminya,” kata Fauzi.

Selain sosialisasi Perpres Nomor 64 Tahun 2020, Fauzi juga memperkenalkan tentang layanan digital Chika dan Vika yang sudah diberlakukan BPJS Kesehatan. Layanan digital Chika (Chat Assistant JKN), merupakan layanan informasi dan pengaduan melalui chatting, yang direspon artificial intelligence/sistem. Chika dapat diakses melalui media sosial seperti Facebook Messenger (BPJS Kesehatan), Telegram (BPJSKes_bot) dan Whatsapp (08118750400).

Sementara Vika (Voice Interaktive JKN), kata Fauzi, merupakan layanan informasi menggunakan mesin penjawab, untuk mengecek status tagihan dan status kepesertaan, dengan menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500 400. Kedua layanan ini dapat memudahkan peserta, saat membutuhkan layanan tanpa harus datang ke kantor BPJS Kesehatan.

Pada kesempatan ini, Fauzi juga mengingatkan kembali tentang penerapan protocol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari di era pandemic Covid-19, dengan cara menjaga jarak, rajin mencuci tangan pakai sabun di air mengalir, dan memakai masker.

(max)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top