Ekbis

Bersiaplah… Program Langit Biru Pertamina Segera Diterapkan di Kota Kupang

TEROPONGNTT, KUPANG — Program Langit Biru Pertamina yang dimaksudkan untuk mendukung program pemerintah bagi upaya mengurangi polusi uadara dan pemanasan global melalui penggunaan BBM ramah lingkungan, segera diterapkan di wilayah Kota Kupang. Penerapan Program Langit Biru ditandai dengan pemberian subsidi harga pertalite, sehingga harga pertalite setara dengan harga premium (bensin).

Hal ini terungkap dalam Pertemuan Awak Media Bersama Section Head Communication Pertamina Marketing Region Jatimbalinus, Ahad Rahedi yang digelar di The Kelapa Restaurant & Sky Lounge Kupang, Selasa (30/3/2021). Hadir pula dalam pertemuan ini, Komrel MOR V Pertamina, Taufik R. Lubis, dan Sales Branch Manager Pertamina MOR V Cabang Kupang-NTT, Muhamad Angga, serta tim Pertamina Marketing Region Jatimbalinus.

Pada pertemuan ini, Ahad Rahedi menjelaskan bahwa Program Langit Biru adalah program edukasi untuk memberi pemahaman kepada masyarakat agar beralih menggunakan BBM ramah lingkungan seperti pertalite atau pertamax dan meninggalkan premium (bensin). Program edukasi dan promosi ini merupakan bentuk dukungan kepada Pemerintah sesuai Peraturan Pemerintah (PP) No. 41 tahun 1999 tentang Pengendalian Pencemaran Udara, yang perlu menjadi perhatian seluruh pihak.

“Upaya mengurangi pencemaran udara, dapat dilakukan melalui pengendalian emisi gas buang kendaraan bermotor. Salah satunya dengan penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang lebih berkualitas dan ramah lingkungan.  Karena itu Pertamina terus mendorong penggunaan produk BBM berkualitas yakni Pertalite dengan RON 90, Pertamax RON 92 dan Pertamax Turbo RON 98,” kata Ahad Rahedi.

Sementara Sales Branch Manager Pertamina MOR V Cabang Kupang-NTT, Muhamad Angga, menambahkan, Program Langit Biru Pertamina akan segera diterapkan di Kota Kupang mulai April 2021. Untuk menyukseskan upaya penerapan program ini, Pertamina MOR V Cabang Kupang telah melakukan koordinasi dengan pemerinth Provinsi NTT dan Pemerintah Kota Kupang termasuk dengan OPD-OPD terkait seperti Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup dan OPD lainnya.

Dalam pelaksanaan Program Langit Biru, jelas Muhamad Angga, Pertamina akan memberikan subsidi harga pada BBM jenis Pertalite, sehingga, harga pertalite yang dijual di SPBU setara dengan harga premium. Namun setelah dua bulan, pemberian subsidi harga pertalite menjadi 40 persen, dan dua bulan berikutnya lagi, subsidi harga pertalite yang diberikan Pertamina menjadi 20 persen. Sehingga setelah bulan keenam, harga pertalite akan menjadi normal kembali.

Subsidi selisih harga pertalite ini, jelas Muhamad Angga, sebagai bentuk edukasi dan motivasi bagi masyarakat supaya mau dan memahami tentang manfaat penggunaan BBM ramah lingkungan. Sosialisasi pun terus dilakukan Pertamina bagi masyarakat Kota Kupang untuk member pemahaman tentang pelaksanaan Program Langit Biru.

“Untuk wilayah Provinsi NTT, Program Langit Biru diberlakukan secara bertahap, dan untuk saat ini akan diberlakukan terlebih dahulu di wilayah Kota Kupang. Sementara untuk kabupaten-kabupaten belum diterapkan,” tambah Muhamad Angga.

(max)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top