Daerah

Begini Pesan Bobby Pitoby dan Bobby Lianto Kepada Mahasiswa UKAW Kupang Jika Ingin Sukses Dalam Bisnis

TEROPONGNTT, KUPANG –Dua pengusaha sukses di Nusa Tenggara Timur (NTT), Bobby Pitoby dan Bobby Lianto berbagi pengalaman kepada mahasiswa Universitas Kristen Artha Wacana (UKAW) Kupang tentang usaha bisnis. Menurut kedua pengusaha ini, sudah tidak jamannya lagi mahasiswa hanya berharap menjadi PNS setelah tamat kuliah.

Bobby Pitoby dan Bobby Lianto berbagi pengalaman mereka dalam berbisnis kepada mahasiswa saat tampil sebagai pembicara pada talkshow acara “Bank NTT Bikin Ramai Skali di Kampus UKAW Kupang” yang digelar di kampus tersebut, Jumat (29/3/2019). Selain Bobby Pitoby dan Bobby Lianto, juga tampil sebagai pembicara Direktur Pemasaran Dana Bank NTT yang juga Plt Direktur Umum (Dirum) Bank NTT, Alex Riwu Kaho dan Pemimpin Umum Viktory News, Chris Mboeik.

Bobby Pitoby dan Bobby Lianto mengaku, mereka mulai terjun ke dunia bisnis sejak masih duduk di bangku kuliah. Usaha bisnis yang mereka tekuni juga mulai dari usaha kecil-kecilan meski keduanya adalah anak pengusaha di Kupang.

Bobby Pitoby mulai bisnis jual-jualan ketika kuliah di Amerika Serikat, sementara Bobby Lianto mulai usaha kecil-kecilan bahkan bisnis jualan beras kepada sesama anak kos ketika kuliah di Surabaya, sebelum melanjutkan kuliah S2 di Eropa.

“Yang paling penting pertama adalah kemauan yang kuat untuk berbisnis. Modal urusan berikutnya. Yang penting punya kemauan dulu. Saat sekarang untuk mendapatkan modal itu gampang. Ada Bank NTT yang siap membantu bahkan mendampingi,” kata Bobby Pitoby.

Sementara Bobby Lianto mengatakan, selain kemauan harus ada konsep dan juga terpenting adalah action. Jangan cuma punya kemauan tapi tidak ada aksinya. Teori saja di kampus tidak penting. Harus disertai dengan pelaksanaan.

“Kalau belum ada aksi berarti belum mulai berbisnis. Kelemahan kita adalah takut tidak sukses. Dalam berbisnis itu tidak ada yang namanya gagal. Yang ada hanyalah sukses dan belum sukses. Karena itu, maju terus dan jangan menyerah dalam berusaha,” kata Bobby Lianto.

Percayalah, kata Bobby Lianto, bahwa Tuhan menyertai dan memberkati aka yang kita usahakan. Tuhan pasti melimpahkan rejekinya melalui usaha bisnis yang kita tekuni. Karena itu, mahasiswa UKAW Kupang tak perlu takut untuk memulai usaha bisnis.

Pada kesempatan ini, banyak mahasiswa UKAW Kupang mengajukan pertanyaan seputar trik bisnis yang tepat agar lebih berpeluang sukses dalam usaha bisnis yang digeluti. Apalagi mereka umumnya adalah generasi muda yang pemula dalam usaha bisnis.

(max)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top