Daerah

Begini Penjelasan Dinas PPKB Kota Kupang Tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga Saat Sosialisasi di Kelurahan Pasir Panjang

TEROPONGNTT, KUPANG – Dinas Pengandalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kota Kupang menggelar kegiatan sosialisasi Peraturan Pemerintah (PP) Tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga di Kelurahan Pasir Panjang, Selasa (30/7/2019). Perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga penting untuk menciptakan masyarakat bangsa Indonesia yang berkualitas dan sejahtera.

Pada kegiatan sosialisasi ini, Sekretaris Dinas Pengandalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kota Kupang, Agustina Madek menjelaskan, Kependudukan adalah hal yang berkaitan dengan jumlah, struktur, pertumbuhan, persebaran, mobilitas, penyebaran, kualitas dan kondisi kesejahteraan yang menyangkut politik, ekonomi, sosial budaya, agama serta lingkungan penduduk setempat.

Menurut Agustina Madek, perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga adalah upaya terencana untuk mewujudkan penduduk tumbuh seimbang dan mengembangkan kualitas penduduk pada seluruh dimensi penduduk. Perkembangan Kependudukan adalah kondisi yang berhubungan dengan perubahan keadaan kependudukan  yang dapat berpengaruh dan dipengaruhi oleh keberhasilan pembangunan berkelanjutan.

Sementara pembangunan keluarga, kata Agustina Madek, adalah upaya mewujudkan keluarga berkualitas yang hidup dalam lingkungan yang sehat. Kuantitas penduduk adalah jumlah penduduk akibat dari perbedaan antara jumlah penduduk lahir, mati, dan mobilitas penduduk. Keluarga adalah unit terkecil dalam masyarakat yang terdiri dari suami istri, atau suami, istri dan anaknya, atau ayah dan anaknya, atau ibu dan anaknya.

“Keluarga berkualitas adalah keluarga yang dibentuk berdasarkan atas perkawinan yang sah, dan bercirikan sejahtera, sehat, maju, mandiri, memiliki jumlah anak yang ideal, berwawasan ke depan, bertanggung jawab dan sebagai keluarga yang harmonis,” tutur Agustina.

Sedangkan Lurah Pasir Panjang, Ferdinan Massae mengatakan, pencatatan dan pelaporan Program Kependudukan dan Keluarga adalah tata cara pencatatan dan pelaporan program pengendalian penduduk dan keluarga berencana. Data dan Informasi Keluarga adalah data dan informasi hasil pengumpulan, pengolahan, dan penyajian serta penyebarluasan data berdasarkan pendataan keluarga.

Dalam mewujudkan keserasian, keselarasan, dan keseimbangan antara kuantitas, kualitas, dan persebaran penduduk dengan lingkungan hidup,  kata Ferdinan Massae, meningkatkan kualitas keluarga adalah agar dapat timbul rasa aman, tentram, dan harapan masa depan yang lebih baik dalam mewujudkan kesejahteraan lahir dan kebahagiaan batin dengan melembagakan dan membudayakan norma keluarga kecil, bahagia, dan sejahtera.

Khusus di RT 16/RW 006, kata Ferdinan Massae, jumlah warganya cukup banyak yaitu perempuan sebanyak 163 jiwa dan laki-laki sebanyak 202 jiwa. Jumlah ini termasuk yang terbesar ke-3 di Kelurahan Pasir Panjang. Posisi yang terliat sekarang, dengan letak geografi, maka di wilayah RT 16 tidak memungkinkan lagi jika tidak diterapkan program kependudukan.

“Untuk solusinya adalah harus ikut Keluarga Berencana (KB) dan kita dalam jumlah penduduk ini dari tahun ke tahun bertambah. Ini sudah masuk dalam program kampung  KB. Saya sebagai Lurah akan terus mendata warga di RT 16 ditambah juga RT 17 dan RT 18 di Kelurahan Pasir Panjang. Ini adalah program penyelenggaraan penduduk dalam kapasitas Keluarga Berencana (KB). Marilah kita menjaga agar tidak ada lagi angka kelahiran dan kematian dikota Kupang,” tandas Ferdinan Massae.

(EM)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top