Daerah

Atasi Penyebaran Kusta, Dinkes Alor Turun Periksa Warga

TEROPONGNTT, KUPANG — Banyaknya warga yang positif terkena penyakit kusta, membuat Pemerintah Kabupaten  Alor gencar memerangi penyebaran penyakit tersebut. Upaya pencegahan dilakukan dengan  turun langsung dan melakukan pemeriksaan fisik terhadap seluruh warga.

Penyakit Kusta juga dikenal dengan nama lepra atau penyakit Hansen, yakni penyakit yang menyerang kulit, sistem saraf perifer, selaput lendir pada saluran pernapasan atas, serta mata. Sistem saraf yang diserang bisa menyebabkan penderitanya mati rasa.

“Memerangi penyakit Kusta agar tidak menyebar, Dinkes Kabupaten Alor dan petugas puskesmas turun ke masyarakat dan langsung memeriksa warga satu persatu,” kata Pengelola Program Kusta Dinkes Alor, Swingli Dopong, di Alor, Senin (28/8/2017).

Pantauan media ini, petugas Dinkes Kabupaten Alor dan petugas puskesmas Lembur mendatangi Desa Luba, Kecamatan Lembur dan memeriksa seluruh warga baik anak kecil maupun orang dewasa. Dalam pemeriksaan tersebut, terdapat satu warga penderita yang mengalami gejala penyakit Kusta.

“Setelah diperiksa kita temukan satu anak yang mengalami gejala seperti penyakit Kusta, ” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Lembur, Yusmiati Beli, mengatakan, setelah berhasil mendeteksi penyakit Kusta, penderita akan langsung segera ditangani.

“Kita akan langsung menangani penderita dengan memberikan pengobatan gratis dan penanganannya sampai sembuh total, ” ujarnya.

Ia menjelaskan, penyakit Kusta yang ditemukan di wilayah Puskesmas Lembur adalah tipe basah dan cepat menular.

Selama tujuh bulan menjabat sebagai Kepala Puskesmas Lembur, telah ditemukan sebanyak empat kasus dan saat ini sedang dalam pengobatan secara rutin. Dirinya berharap, masyarakat harus menjaga kebersihan diri dan lingkungan.(pat)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top