Daerah

Askonas dan Hatsindo Gelar Rakerda Selama Dua Hari di Hotel Ima Kupang

#Bahas UU Jasa Konstruksi Yang Baru

TEROPONGNTT, KUPANG – Dewan Pimpinan Daerah Asosiasi Kontraktor Nasional (DPD Askonas) Provinsi NTT dan DPD Himpunan Ahli Teknik Konstruksi Indonesia (Hatsindo) NTT menggelar rapat kerja daerah (Rakerda) selama dua hari, 24-25 Agustus 2017 di Kupang.

Rakerda dua asosiasi atau organisasi profesi yang dipusatkan di Hotel Ima Kupang ini akan diikuti sekitar 50-an peserta dari Askonas dan Hatsindo seluruh kabupaten/kota di NTT, pengurus DPD Askonas dan Hatsindo Provinsi NTT serta Ketua Umum Askonas dan Ketua Umum Hatsindo Pusat dari Jakarta.

Demikian dijelaskan Ketua DPD Asosiasi Kontraktor Nasional (Askonas) Provinsi NTT, Kosmas Lawang dalam jumpa pers yang digelar di Hotel Ima Kupang, Minggu (20/8/2017) sore. Kosmas Lanang didampingi Sekretaris DPD Askonas NTT, Zainul Hasan dan Ketua Panitia Rakerda, Ana Kolin.

“Pada Rakerda Askonas dan Hatsindo ini, kami membahas UU Jasa Konstruksi yang baru yakni UU nomor 2 tahun 2017, beserta PPres nomor 54 tahun 2011 dan PPres nomor 17 tahun 2013. Rakerda akan dihadiri Ketua DPP Askonas dan Ketua DPP Hatsindo, karena rakerda ini dilaksanakan untuk dua lembaga, Askonas dan Hatsindo,” kata Kosmas Lawang.

Kosmas Lawang menjelaskan, Asosiasi Kontraktor Nasional (Askonas) adalah asosiasi yang berwenang mengeluarkan sertifkat badan usaha (SBU), sementara Himpunan Ahli Teknik Konstruksi Indonesia (Hatsindo) adalah asosiasi atau organisasi yang berwenang mengeluarkan sertifikat keahlian (SKA) dan sertifikat ketrampilan (SKT). Tanpa memiliki SBU, SKA dan SKT, kontraktor tidak memenuhi syarat untuk mengikuti tender.

Ditambahkan Kosmas Lawang, Asosiasi Kontraktor Nasional (Askonas) baru satu tahun hadir di NTT tetapi anggotanya sudah banyak. Saat ini anggota Askonas di NTT telah mencapai seratus lebih kontraktor.

“Penilaian dan pengawasan terhadap kontraktor penting dilakukan agar koalitas pekerjaan jasa konstruksi yang dilaksanakan kontraktor bisa bermutu,” kata Kosmas Lawang.

Sementara Ketua Panitia Kegiatan Rakerda Askonas dan Hatsindo NTT, Ana Kolin menambahkan, pihak panitia sudah melakukan berbagai persiapan untuk menyukseskan penyelenggaraan kegiatan tersebut. Diharapkan rakerda bisa berjalan sukses sesuai harapan. (max)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top