Daerah

Apegti NTT Hadir Guna Mendukung Kebijakan Pemerintah Dalam Pengendalian Harga

TEROPONGNTT, KUPANG — Asosiasi Pengusaha Gula Dan Terigu (Apegti) NTT resmi terbentuk. Kehadiran Apegti bertujuan mendukung langkah-langkah dan kebijakan pemerintah dalam upaya pengawasan serta pengendalian harga komoditi pangan, gula dan terigu guna tercipta stabilitas harga di wilayah NTT.

Pelantikan Dewan Pengurus Provinsi (DPP) Apegti NTT digelar di Hotel Aston Kupang, Senin (7/11/2016) siang. DPP Asosiasi Pengusaha Gula Dan Terigu (Apegti) NTT dipimpin, Elvin Chendra,.S.Pi sebagai ketua. Pelantikan dilakukan pejabat yang mewakili Menteri Perdagangan RI, Enggartiasto Lukita.

Kepada wartawan usai dilantik, Ketua DPP Apegti NTT, Elvin Chendra,.S.Pi mengatakan, pemerintahan Presiden Jokowi sangat serius menyikapi persoalan kenaikan harga komoditi pangan yang jauh diatas harga eceran terendah. Presiden Jokowi juga meminta Menteri Perdagangan RI, Enggartiasto Lukita, untuk melakukan langkah-langkah konkrit guna menjaga kestabilan harga pangan prioritas seperti beras, gula terigu,bawang merah, minyak goreng dan lainnya.

Untuk wilayah NTT, kata Elvin, masih  terjadi pula disparitas harga komoditas pangan. Antara perkotaan dan pedesaan masih terjadi perbedaan harga kebutuhan yang ckup tinggiyang disebabkan rantai distribusi yang terlalu panjang. Belum lagi transportasi yang masih sulit dan adanya permainan harga dari para pedagang.

Pemerintah telah berupaya mengatasi kenaikan dan disparitas harga komoditi pangan ini. Namun, perlu disadari pula bahwa tanggung jawab mengatasi persoalan tersebut bukan hanya pada pemerintah, tetapi diperlukan pula peran aktif dari masyarakat.

Karena itu, kata Elvin, kehadiran Asosiasi Pengusaha Gula Dan Terigu (Apegti) di Provinsi NTT merupakan sesuatu yang positif guna mendukung langkah-langkah dan kebijakan pemerintah dalam upaya pengawasan serta pengendalian harga komoditi pangan, gula dan terigu demi terciptanya stabilitas harga di wilayah ini.

“Keberadaan Apegti merupakan wujud nyata peran aktif masyarakat di NTT dalam mendukung program pemerintah tersebut. Diharapkan kehadiran Apegti mendapat dukungan dari pemerintah dan masyarakat NTT,” kata Elvin. (nia)

 

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top