Daerah

Angka Kematian Ibu Melahirkan dan Bayi di Kabupaten Ende Masih Cukup Tinggi

TEROPONGNTT, ENDE – Angka kematian ibu melahirkan dan bayi di Kabupaten Ende masih tergolong cukup tinggi.  Buktinya, selama Januari – Juni 2017, sudah empat ibu melahirkan dan 27 bayi meninggal dunia.  Hal ini menjadi tantang tersendiri bagi tenaga kesehatan terutama para bidan dalam pelayanan guna menekan angka kematian ibu dan bayi tersebut.

Demikian Sekertaris Dinas Kesehatan Kabupaten Ende, Vitalis Kako saat membuka kegiatan Pelatihan Para Bidan di aula Laboratorium Dinas Kesehatan Kabupaten Ende, Kamis (8/6/2017) siang.  Menurut Vitalis Kako, dibutuhkan kerjasama dari semua stakeholder untuk menekan angka kematian bayi dan ibu melahirkan khususnya bagi tenaga kesehatan.

“Peran para bidan dalam menekan angka kematian ibu dan anak sangatlah penting . Angka kematian ibu dan anak merupakan masalah yang sangat serius,” ungkap Vitalis Kako.

Vitalis Kako menambahkan, masalah ini terjadi akibat rendahnya SDM dan faktor lingkungan serta pelayanan medis yang belum memadai .

Sementara Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Ende, Maria Epifani Suna mengatakan, bidan di Kabupaten Ende sangat mendukung program kesehatan untuk menekan angka kematian ibu dan anak yang masih tergolong tinggi.

Epifani Suna mengajak semua pihak, baik pemerintah maupun masyarakat, terutama bidan sebagai petugas kesehatan untuk sama-sama memikirkan dan berupaya menekan angka kematian ibu dan bayi tersebut.  (JR)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top