Ekbis

Anggota DPRD Manggarai Barat, Blasius Janu Minta Kepala Pelabuhan Labuan Bajo Diganti, Begini Tanggapan Simon Baun

TEROPONGNTT, KUPANG —  Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Labuan Bajo, Simon Baun mengatakan, yang berwenang mengganti atau memindahkan kepala KUPP (kepala pelabuhan) adalah Menteri Perhubungan atau Dirjen Perhubungan Laut. Dirinya dipercaya menjadi Kepala KUPP Labuan Bajo tentu melaui pertimbangan dan dinilai mampu mengemban tanggung jawab yang dipercayakan.

Hal ini ditegaskan Kepala KUPP Labuan Bajo, Simon Baun saat dikonfirmasi pertelepon, Senin (3/8/2020). Simon Baun mengatakan hal ini, menanggapi pernyataan Anggota DPRD Manggarai Barat, Blasius Janu yang meminta Dirjen Perhubungan Laut  Kementerian Perhubungan untuk mengganti dirinya dari jabatan sebagai Kepala KUPP Labuan Bajo.

“Yang berwenangan mengganti kepala KUPP adalah  menteri perhubungan atau dirjen perhubungan laut. Saya dipercayakan menjadi kepala KUPP Labuan Bajo tentu melaui pertimbangan dan dinilai mampu  untuk menjalankan tugas yang diberikan,” kata Simon Baun.

Menurut  Simon Baun, dirinya selalu terbuka dan selalu berusaha  menjalankan tugas dan tanggungjawab sesuai tupoksinya sebagai Kepala KSOP Labuan Bajo. Dasar pelaksanaan tugas adalah UU No. 17 Tahun 2008 Tentang Pelayaran; PP No. 61 Tahun 2009 Tentang Kepelabuhanan; Permenhub no. KM. 63 Tahun 2010 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Kantor Otoritas Pelabuhan, dan aturan terkait lainnya.

Sebelumnya, Anggota DPRD Manggarai Barat, Blasius Janu mengatakan, dirinya meminta Kementerian Perhubungan dan Dirjen Perhubungan Laut untuk mengganti Kepala KUPP Labuan Bajo, Simon Baun dari jabatannya. Permintaan itu didasarkan pada adanya kisruh berkepanjangan terkait penetapan tarif bongkar muat barang yang dirasa memberatkan pengusaha, serta sikap Kepala KUPP Labuan Bajo, Simon Baun yang dinilainya kurang ramah dalam bertugas di wilayah Labuan Bajo yang termasuk daerah premium wisata nasional.

“Saya meminta Menteri Perhubungan dan Dirjen Perhubungan Laut untuk mengganti Kepala KUPP Labuan Bajo, Simon Baun,” kata Blasius Janu saat ditemui di Hotel Ima Kupang, Minggu (2/8/2020).

(max)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top