Daerah

Andre Garu: Banyak Proyek di NTT Tidak Tepat Sasaran

TEROPONGNTT, KUPANG — Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal Nusa Tenggara Timur (NTT), Andre Garu meminta pemerintah Provinsi NTT untuk melakukan evaluasi terhadap sejumlah program yang selama ini tidak menjadi kebutuhan masyarakat NTT. Dengan dilakukan evaluasi, bisa ditentukan program prioritas pembangunan di tahun 2018 mendatang.

“Kita minta Pemprov NTT untuk melakukan evaluasi terhadap program-program dibawah tahun 2016 sehingga dengan evaluasi itu, pemerintah bisa menentukan program prioritas di tahun 2018 mendatang,”kata Anggota DPD RI, Andre Garu di Kupang, Sabtu (22/7/2017).

Mantan anggota DPRD Kabupaten Manggarai ini mengatakan, dalam beberapa bulan ini dirinya melakukan reses ke hampir semua kabupaten di NTT. Di daerah, lanjutnya, banyak proyek-proyek yang telah dibangun menggunakan APBD, baik pusat, provinsi maupun kabupaten yang terbengkalai dan tidak bisa dimanfaatkan.

Ia mencontohkan proyek pencetakan sawah, pasar desa, jembatan timbang yang terbengkalai. “Contoh proyek pencetakan sawah. Sawahnya ada tapi airnya ambil dari mana? Demikian juga bangunan pasar desa tidak bisa dimanfaatkan dan akhirnya menjadi kandang kambing,” ujarnya.

Menurut Andre Garu, pemerintah pusat sangat serius mendorong pencepatan pembangunan di daerah-daerah. Dan itu mendapat dukungan dari DPD RI. Hal itu harus disambut oleh pemerintah daerah untuk membuat program yang benar-benar sangat dibutuhkan.

“Kalau daerah memerioritaskan infrastruktur jalan, ya mari kita bersinergi. Jalan menjadi kebutuhan NTT saat ini dan ini juga menjadi program Presiden Jokowi serta DPD RI mendukungnya,” tegas putra Manggarai ini.

Sebagai senator asal NTT, kata Andre Garu, dirinya telah meminta Bappenas RI dan Kementrian Keuangan RI agar melakukan evaluasi dan verifikasi mana program yang bermanfaat bagi rakyat dan menjadi prioritas dan mana program yang belum menjadi prioritas.

“Untuk NTT, dalam bulan Agustus nanti Bappenas dan Kementrian Keuangan akan turun melakukan verifikasi. Saya mendorong pemerintah di NTT untuk memanfaatkan ini. Harus ada yang menjadi prioritas dan bermanfaat bari rakyat dan derah ini. Ini yang kita dorong terus,”ujarnya. (rko)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top