Daerah

Akibat Hujan Deras, Jalan Jurusan Ende-Nagekeo Longsor

TEROPONGNTT, ENDE – Tanah longsor terjadi di ruas jalan negara jurusan Ende – Nagekeo, tepatnya di KM 26 arah barat Kota Ende, di wilayah Desa Penggajawa, Kecamatan Nangapanda. Longsor terjadi setelah wilayah Kabupaten Ende dan sekitarnya, diguyur hujan deras, Minggu (11/11/2018) malam, sekitar pukul 23.30 wita.

Akibat adanya tanah longsor, badan jalan menjadi tertutup material berupa tanah, batu dan pepohonan yang tumbang. Arus lalu lintas kendaraan menjadi terganggu dan antrian panjang kendaraan baik roda 2, roda 4 dan roda 6 tak terhindarkan. Jalur ini merupakan jalur vital yang menghubungkan Kabupaten Ende dengan beberapa kabupaten di arah barat seperti Kabupaten Nagekoe, Ngada, Manggarai Timur, Manggarai dan Kabupaten Manggarai Barat.

Pantauan wartawan teropongntt.com di lokasi longsor, selain badan jalan yang tertutup material, ada juga 1 tiang listrik yang nyaris tumbang karena terhimpit material longsor.

Pada pukul 11.35 wita, Senin (12/11/2018), alat berat jenis loder tiba di lokasi dan langsung membersihkan material. Kegiatan pembersihan menggunakan alat berat juga melibatkan aparat TNI dari Koramil 1602 Ende bersama anggota Babinsa, personil polisi dari Polsek Nangapanda, serta warga masyarakan Desa Penggajawa.

Sementara pada pukul 11.55 wita, kendaraan roda 4 dan kendaraan roda 6 sudah bisa melintasi lokasi. Sedangkan kendaraan roda dua sudah bisa melintasi lokasi longsor sejak pukul 06.00 wita dengan upaya pembersihan manual oleh masyarakat sekitar. (Djolan Rinda)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top