Daerah

Agus Ririmase : Prinsip Dinas Dukcapil Kota Kupang Adalah Melayani Dengan Hati

TEROPONGNTT, KUPANG – Prinsip Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Kupang adalah melayani dengan hati. Masyarakat harus terlayani dengan baik dalam pengurusan administrasi kependudukan karena itu adalah hak masyarakat.

Demikian dikatakan Plt. Kepala Dinas Dukcapil Kota Kupang Agus Ririmase kepada wartawan di ruang kerjanya, Jumat (10/5/2019). Menurut Agus Ririmase, dirinya sudah menginstruksikan dan selalu mengingat stafnya, agar melayani dengan hati.

Meski demikian, kata Agus Ririmase, masyarakat jangan mengurus administrasi kependudukan ketika butuh untuk keperluan tertentu saja. Administrasi kependudukan harus diurus jauh-jauh hari, supaya saat dibutuhkan tinggal digunakan saja.

“Prinsip kita melayani dengan hati. Satu hari sudah langsung selesai pengurusan administrasi kependudukannya, baik itu KTP, KK, akte kelahiran, akte kematian dan lainnya. Hanya saja, pengurusan KTP membutuhkan pelayanan online, sehingga kalau ada gangguan jaringan online-nya, terpaksa harus antrian untuk mendapat pelayanan,” kata Agus Ririmase.

Dalam sehari, kata Agus Ririmase, Dinas Dukcapil Kota Kupang berhasil mencetak 300-400 KTP, belum lagi kartu keluarga (KK), akte kelahiran, akte kematian dan lainnya. Artinya, Dinas Dukcapil Kota Kupang serius dalam melayani masyarakat.

“Kendala kita dalam pelayanan hanyalah kalau jaringan macet atau offline. Karena pelayanan KTP harus dengan online. Jangan kita disalahkan kalau jaringannya offline. Kita selalu berusaha melayani dengan hati, kalau masyarakat yang dilayani senang tentu kami puas,” kata Agus Ririmase.

Karena itu, Agus Ririmase berharap, pengurusan administrasi kependudukan harus dilakukan jauh-jauh hari. Jangan saat dibutuhkan segera baru melakukan pengurusan di Dinas Dukcapil Kota Kupang.

(EM)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top