Daerah

Abdimas Dosen Stikes Maranatha (5) : PHBS Penting untuk Anak

TEROPONGNTT, KUPANG — Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada anak adalah hal penting yang harus diperhatikan. Hal ini menjadi penekanan khusus bagi tim abdimas dari Stikes Maranatha Kupang. Mereka melakukan abdimas pada jemaat GMIT Kaisarea BTN Kolhua, Kota Kupang tanggal 27 Oktober 2019.

Ketua Tim, Maria Vilastry Nuhan, S.KM., M.Kes  ketika dikonfirmasi menjelaskan, perilaku hidup bersih sehat pada dasarnya merupakan sebuah upaya untuk menularkan pengalaman mengenai pola hidup sehat melalui individu, kelompok ataupun masyarakat luas dengan jalur-jalur komunikasi sebagai media berbagi informasi. Ada berbagai informasi yang dapat dibagikan seperti materi edukasi guna menambah pengetahuan serta meningkatkan sikap dan perilaku terkait cara hidup yang bersih dan sehat.

PHBS adalah sebuah rekayasa sosial yang bertujuan menjadikan sebanyak mungkin anggota masyarakat sebagai agen perubahan agar mampu meningkatkan kualitas perilaku sehari-hari dengan tujuan hidup bersih dan sehat. Terdapat langkah – langkah berupa edukasi melalui pendekatan pemuka atau pimpinan masyarakat, pembinaan suasana dan juga pemberdayaan masyarakat dengan tujuan kemampuan mengenal dan tahu masalah kesehatan yang ada di sekitar; terutama pada tingkatan rumah tangga sebagai awal untuk memperbaiki pola dan gaya hidup agar lebih sehat.

“Tujuan utama kita adalah meningkatkan kualitas kesehatan melalui proses penyadartahuan yang menjadi awal dari kontribusi individu – individu dalam menjalani perilaku kehidupan sehari-hari yang bersih dan sehat. Manfaat PHBS yang paling utama adalah terciptanya masyarakat yang sadar kesehatan dan memiliki bekal pengetahuan dan kesadaran untuk menjalani perilaku hidup yang menjaga kebersihan dan memenuhi standar kesehatan,” jelas Nuhan.

Ikut terlibat juga Mardiana S. Bhoko, SST., M.Kes salah satu dosen Stikes Maranatha dan dua mahasiswi kebidanan Dian Hermanus dan  Ferawati Yurnelius.

(VM/habis)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top