Daerah

Abdimas Dosen Stikes Maranatha (4) : Pentingnya Gizi Ibu Hamil

TEROPONGNTT, KUPANG — Banyak ibu hamil yang mengalami kurang gizi. Akibat jangka panjangnya adalah pada anak yang dilahirkan. Oleh sebab itu memastikan bahwa kebutuhan gizi ibu hamil terpenuhi dengan baik, penting untuk dilakukan. Selain bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil, asupan gizi yang terpenuhi dengan baik juga mampu menunjang tumbuh kembang janin dalam kandungan.

Hal ini menjadi dasar para Dosen dari Stikes Maranatha untuk melakukan kegiatan abdimas dengan tema Manfaat Gizi pada Ibu Hamil. Ketua tim Maria V. Nuhan, S.KM., M.Kes dan anggota Matilda Bupu Ria, SST., M.Kes., M.KM bersama dua mahasiswi kebidanan Windi Fanggi dan Berty Nggiong. Dalam pemaparannya ketua tim menjelaskan hal yang penting bagi hamil adalah gizi seimbang.

“Di masyarakat, ada mitos bahwa ibu hamil harus makan dengan porsi dua kali lebih banyak untuk dirinya sendiri dan janin dalam kandungan. Persepsi ini sebenarnya kurang tepat. Jadi ibu-ibu harus mengonsumsi lebih banyak kalori, namun bukan berarti harus melipatgandakan porsi makanan yang dikonsumsi. Hal ini karena makan secara berlebih selama kehamilan dapat meningkatkan risiko kenaikan berat badan berlebih, yang pada akhirnya dapat memicu hipertensi dan diabetes gestasional selama kehamilan,” jelas Nuhan.

Ia juga menjelaskan manfaat gizi seimbang untuk ibu hamil. “Apabila ibu-ibu memenuhi gizi seimbang maka status gizi ibu hamil dalam keadaan normal, sehingga dapat menjalani kehamilan dengan baik dan aman.  Juga dapat mengatasi permasalahan selama kehamilan,” jelas Nuhan.

Para ibu mengaku sangat gembira dengan apa yang telah diperoleh. Kegiatan ini dilakukan di Posyandu RW 5, 6, 7 Kelurahan Naibonat Kecamatan Kupang Timur Kabupaten Kupang pada 8 April 2019.

(VM/bersambung)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top