Daerah

Abdimas Dosen Stikes Maranatha (2) : Pentingnya Ante Natal Care

TEROPONGNTT, KUPANG — Mortalitas dan morbiditas pada wanita hamil dan ibu bersalin adalah masalah terbesar di negara berkembang. Pelayanan Ante Natal Care (ANC) penting untuk memastikan kesehatan ibu selama kehamilan dan menjamin ibu untuk melakukan persalinan di fasilitas kesehatan. Masih banyak ibu-ibu yang kurang menyadari pentingnya pemeriksaan kehamilan sehingga menyebabkan tidak terdeteksinya faktor-faktor resiko tinggi yang mungkin dialami oleh mereka.

Hasil pelayanan antenatal dapat dilihat dari cakupan pelayanan K1 dan K4. Sebagai tenaga kesehatan di instansi kesehatan diperlukan aksi nyata. Oleh sebab itu pada tanggal 8 April 2019 tim abdimas dibawah pimpinan Roslin E. M. Sormin, SST., M.Kes sebagai ketua tim, melakukan abdimas dengan tema pentingnya ANC. Kegiatan ini difokuskan pada Posyandu RW 5, 6, 7 Kelurahan Naibonat Kecamatan Kupang Timur Kabupaten Kupang. Dengan tiga anggota tim Clara Yunita Ina Ola, S.Tr.Keb., M.H.Kes, Ni Putu Indu Murti (Mahasiswa Kebidanan) dan Yayu S. Mulik (Mahasiswa Kebidanan) mereka memberikan penyuluhan dengan penuh semangat.

Ketua tim dalam materinya menyampaikan pentingnya ANC. “Antenatal Care sebagai satu upaya pencegahan awal dari faktor resiko kehamilan. Ini sangat penting. Oleh sebab itu ibu-ibu harus memeriksakan kehamilan secara teratur. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Antenatal Care bisa medeteksi dini terjadinya resiko tinggi terhadap kehamilan dan persalinan, juga dapat menurunkan angka kematian ibu dan memantau keadaan janin. Jadi  bila tiap wanita hamil mau memeriksakan kehamilannya secara teratur maka semuai kelainan-kelainan yang mungkin ada atau akan timbul pada kehamilan dapat terdeteksi dan dicegah secepat mungkin,” jelas Sormin. Semua Ibu yang hadir juga memberikan respon yang positif terhadap kegiatan ini.

(VM/bersambung)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top