Daerah

Abdimas Dosen Stikes Maranatha (1) : Daun Kelor Baik untuk Ibu Menyusui

TEROPONGNTT, KUPANG — Siapa yang tidak kenal daun kelor? Walau kecil ukurannya, daun kelor memiliki banyak manfaat penting bagi kesehatan tubuh. Bahkan, para ilmuan menyebutnya sebagai pohon ajaib (Miracle Tree).

Penelitian mengenai khasiat daun kelor telah dimulai sejak 1980, pada bagian daunnya, lalu kulit batang, buah dan bijinya. Organisasi kesehatan dunia WHO menganjurkan bagi anak-anak dan bayi dalam masa pertumbuhan untuk mengkonsumsinya, karena manfaat dari kandungan daun kelor yang besar, yaitu mengandung Potasium tiga kali lipat dari pada pisang. Kalsium empat kali lipat daripada susu. Vitamin C tujuh kali lipat daripada jeruk. Vitamin A empat kali lipat lebih banyak dari pada wortel. Dua kali lipat protein dari pada susu.

Hal ini mendorong para Dosen Stikes Maranatha melakukan penyuluhan kepada masyarakat di Posyandu BTN Kolhua pada, 10 Desember 2018. Abdimas Roslin E. M. Sormin, SST., M.Kes selaku ketua tim, dalam pemaparannya menjelaskan kehebatan daun kelor. Organisasi WHO yang menobatkan pohon kelor sebagai miracle tree, setelah menemukan manfaat penting daun kelor (Id.wikipedia.org). Lebih dari 1.300 studi, artikel dan laporan telah menjelaskan tentang manfaat kelor dan kemampuan dalam penyembuhan penyakit, yang penting dalam menghadapi permasalahan wabah penyakit dan masalah kekurangan gizi.

Penelitian menunjukkan bahwa hampir setiap bagian dari tanaman kelor memiliki khasiat penting, yang dapat dimanfaatkan dalam beberapa cara,” jelas Sormin. Kemudian kepada para ibu hamil dan menyusui ia berpesan untuk selalu mengkonsumsi daun ini.

 ”Daun kelor juga dapat digunakan untuk membantu memperbanyak produksi ASI.  Daun ini memiliki banyak kandungan nutrisi baik mineral, vitamin, dan lainnya. Jadi ibu-ibu harus banyak makan sayur ini,” kata dosen Stikes Maranatha ini.

Kegiatan ini dihadiri oleh puluhan ibu hamil dan menyusui. Hadir juga dalam kegiatan ini Anggota Tim Abdimas yang terdiri dari dosen dan mahasiswa yaitu Maria V. Nuhan, S.KM., M.Kes, Agnes Bien dan Ketlin Ndun (Mahasiswa Kebidanan). Kegiatan dengan tema Penerapan Konsumsi Daun Kelor Pada Ibu Menyusui Di Posyandu BTN Kolhua, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang ini memberikan banyak manfaat bagi para ibu yang hadir.

(VM/bersambung)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top