Nasional

11.627 Peserta Ikut SBMPTN di Undana

TEROPONGNTT, KUPANG — Sebanyak 11.627 peserta mengkuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun akademik 2017 di Undana. Para peserta ini bersaing memperebutkan 3.328 kursi mahasiswa baru Undana yang diterima melalui jalur SBMPTN.

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun akademik 2017 digelar di kampus Undana, Senin (15/5/2017). Jumlah mahasiswa baru yang akan diterima melalui SBMPTN sebanyak 3.328 orang karena disesuaikan dengan daya tampung Undana.

Demikian dikatakan Rektor Undana, Prof Fred Benu saat memimpin apel pagi di halaman depan kantor rektorat Undana,Senin, (15/5/2017). “Seleksi masuk Undana sangat ketat karena jumlah peserta kali ini cukup banyak. Sementara yang diterima sedikit sekali. Pagi ini mereka menjalani ujian SBMPTN,” kata Rektor Undana, Prof Fred Benu.

Menurut Prof Fred Benu, Undana memiliki sebelas fakultas yakni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Peternakan (Fapet), Fakultas Hukum (FH), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) dan Fakultas Pertanian (Faperta). Selain itu juga Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), Fakultas Sains dan Teknik (FST), Fakultas Kedokteran (FK), Fakultas Kelautan dan Perikanan (FKP), Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas (FKH), dan Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB).

Prof. Fred Benu mengatakan, seleksi SBMPTN di Undana sama dengan yang berlaku di perguruan tinggi negeri nasional lainnya di Indonesia. Hasilnya akan diumumkan pada tanggal 13 Juni 2017, mulai pukul 17.00 WIB dan dapat diakses di laman http://www.sbmptn.ac.id.

“SBMPTN 2017 adalah mekanisme seleksi masuk PTN yang ditetapkan berdasarkan hasil ujian tertulis atau kombinasi hasil ujian dan ujian ketrampilan yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia,” katanya.

Sementara Humas Undana, David Sir,S.Sos.,M.Hum secara terpisah, menjelaskan, sesuai dengan data yang diperoleh dari panitia pendaftaran, jumlah tersebut terdiri dari Sainstek 3.072 orang, Soshum 3.753 orang, dan Campuran 4.637 orang serta CBT sebanyak 165 orang.

Selain Undana, kata David Sir, Universitas Timor (Unimor) di Kefamenanu, juga masuk dalam Panlok 66 Kupang yang telah menerima mahasiswa baru dengan rincian, Sainstek 433 orang, Soshum 459 orang, dan Campuran sebanyak 1108 orang. Jadi jumlah peserta Undana dan Unimor Kefa yang akan tes besok (hari ini red) sebanyak 13.667 orang. Jenis tes meliputi tes kemampuan dasar saintek (TKD Saintek), tes kemampuan dan potensi akademik (TKPA), dan tes kemampuan dasar soshum (TKD Soshum).

David Sir mengatakan, ruangan yang dipakai dalam pelaksanaan tes dimaksud, selain di Undana, juga di SMAN 2 Kupang, SMAN 3 Kupang, SMAN 5 Kupang, SMPN 5 Kupang, SMKN 1 Kupang, SMPN 1 Kupang, SMAN 4 Kupang, SMAN 1 Kupang, dan SMPN 2 Kupang.  (*)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top