Daerah

Siprianus Reda Bilang Ubi Nuabosi dan Pisang Beranga Hampir Kehilangan Roh

TEROPONGNTT, ENDE — Pisang Beranga dan Ubi Nuabosi sudah menjadi produk unggulan Kabupaten Ende, karena mempunyai cita rasa yang khas. Namun sampai saat ini, para petani belum bisa memproduksinya dalam jumlah yang banyak, sehingga belum bisa memenuhi permintaan konsumen

Tokoh Muda Kabupaten Ende asal Nuabosi, Siprianus Reda mengatakan, sangat disayangkan saat ini ubi Nuabosi dan pisang Beranga tidak dilestarikan oleh masyarakat setempat. Pemerintah Kabupaten Ende melalui dinas terkait mestinya mendorong masyarakat untuk terus menanam ubi Nuabosi dan pisang Beranga.

Siprianus Reda menambahkan, pemerintah juga harus menyediakan pemasaran yang baik sehingga masyarakat mempunyai semangat untuk bercocok tanam. Selama ini para petani ubi  Nuabosi dan pisang berangan hanya berjualan di pasar Mbongawani Ende secara glondongan dan belum ada tempat khusus serta harganya juga murah.

“Ini adalah produk khas kita yang harus dilestarikan dan promosi ke tingkat nasional dan internasional. Mungkin ubi dan pisang Beranga yang lezat seperti ini dan hanya ada di Ende ini adalah anugerah Tuhan. Jadi kita jangan sia-siakan,” kata Siprianus Reda ketika ditemui di Ende, Selasa (9/7/2019).

Sebagai putra yang lahir di kampung Nuabosi, Siprianus Reda menegaskan pemerintah kabupaten Ende mesti terus mendorong ubi Nuabosi dan pisang berangan sebagai produk pertanian yang khas yang ada di Ende sehingga bisa membumi di pelosok Nusantara ini

(Djolan Rinda)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top