Daerah

Silaturahmi Tatap Muka Yang Diambilalih Layanan Pesan Singkat dan Vidio

TEROPONGNTT, KUPANG – Sambil duduk bersandar di kursi sofa ruang tamu rumahnya, seorang ibu bernama Maria, warga RT 12 RW 04 Kelurahan Naimata, Kota Kupang, tampak tekun mengirim pesan singkat pada ponselnya. Ibu Maria seolah tak mempedulikan suaminya yang duduk di salah satu sofa, berhadapan dengannya.

Beberapa saat kemudian, ibu Maria berkata kepada suaminya, meski matanya masih serius menatap handphone (HP) yang ada di tangannya, bahwa dirinya lupa mengirim ucapan Selamat Natal dan Tahun Baru 2019 kepada salah satu saudaranya. Sementara, saat ini sudah tanggal 3 Januari 2019.

Setelah terlibat dialog kecil dengan suaminya, ibu Maria lalu berkata, semoga dirinya belum terlambat untuk mengirim ucapan Selamat Natal dan Tahun Baru 2019 melalui SMS (short message service) atau melalui pesan singkat di WhatsApp (WA) kepada salah satu saudara tersebut. Peristiwa ini terjadi pada, Kamis (3/1/2019) sore.

Seperti kebanyakan orang, ibu Maria termasuk salah satu warga Kota Kupang yang menggunakan ponsel untuk menyampaikan ucapan Selamat Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 melalui SMS dan WA atau media sosial Facebook, kepada kerabat, teman kerja, sahabat atau handaitolan lainnya.

Bahkan, ucapan Selamat Natal dan Tahun Baru 2019 sudah dikirim melalui SMS, WA dan media sosial lainnya sejak sebelum Hari Raya Natal, 25 Desember 2018. Saat hari raya Natal tiba dan Tahun Baru 2019 tiba, ucapan selamat Natal dan Tahun Baru 2019 masih dikirim lagi kepada keluarga dan kerabat melalui pesan singtak di Hand Phone (HP) baik menggunakan SMS, WA, Line, media sosial Facebook dan lainnya.

Ucapan selamat bukan cuma berupa kata-kata melalui SMS dan WA, tetapi ada juga yang dikirim berupa gambar kartu ucapan dan vidio ucapan Selamat Natal dan Tahun Baru 2019. Apalagi, masyarakat Kota Kupang dan Provinsi NTT pada umumnya memeluk agama Nasrani.

Media sosial tentu ramai dengan ucapan Selamat Natal dan Tahun Baru 2019. Ucapan yang dikirim melalui pesan singkat, gambar kartu ucapan dan juga vidio ucapan, termasuk disampaikan melalui status di media sosial, sangat membantu masyarakat dalam menjaga dan membangun silaturahmi atau hubungan sosial dengan keluarga, sahabat dan kenalan yang mungkin tidak bisa dijangkau semuanya dengan bertemu langsung atau bertatap muka.

Bahkan mungkin, silahturahmi tatap muka diambil alih perannya oleh silahturahmi menggunakan pesan singkat dan vidio atau gambar kartu ucapan. Cukup dengan mengirim pesan ucapan Selamat Natal dan Tahun Baru 2019, seseorang tidak harus menyambangi rumah saudaranya atau sahabat dan kenalannya, untuk bertemu dan menyampaikan ucapan selamat hari raya tersebut.

Maka tidaklah heran jika pada momen hari raya Natal dan pergantian tahun tersebut, tercatat trafik layanan data atau payload Telkomsel mencapai 976.46 TB atau meningkat 22,73 persen dibandingkan rata-rata payload pada hari normal 2018 di wilayah Bali Nusra, termasuk di dalamnya adalah wilayah Provinsi NTT dan Kota Kupang pada khususnya.

Seperti dijelaskan GM ICT Operation Telkomsel Regional Bali Nusra, Henry Ganda Purba, dalam press release Telkomsel Bali Nusra yang diterima redaksi TeropongNTT.Com, dibandingkan dengan periode Tahun Baru 2017/2018, trafik layanan data kali ini melonjak 100,61 persen. Tingginya peningkatan trafik layanan data antara lain dipicu oleh meningkatnya aktivitas pelanggan yang menggunakan layanan video streaming di smartphone atau komputer tablet, terutama saat pergantian tahun baru.

“Selain itu, pelanggan juga melakukan aktivitas momen ini melalui berbagai media sosial serta berkomunikasi melalui pesan instan yang mengalami peningkatan pada periode ini,” kata Henry Ganda Purba.

Banyaknya masyarakat menggunakan jaringan internet untuk bersilaturahmi dengan keluarga, kerabat dan kenalan melalui pesan SMS, WA atau menggunakan media sosial Facebook dan lainnya, menunjukan kalau peran Telkomsel dan Telkom Indonesia dalam menyiapkan layanan data internet, adalah sangat penting.

Karena itu, sejumlah warga Kota Kupang yang dimintai komentar mereka secara terpisah, Jumat (4/1/2019), mengaku berterimakasih kepada Telkomsel dan PT Telkom Indonesia yang telah hadir di wilayah Flobamorata ini. Dengan harapan, PT Telkomsel bisa terus memperbanyak dan memperluas jangkauan jaringannya, supaya semua masyarakat NTT bisa terlayani internet dan telepon.

(*/max)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top