Dunia

Paus Fransiskus Setuju Doa Bapa Kami Diubah

TEROPONGNTT, KUPANG – Pemimpin Gereja Katolik sedunia, Paus Fransiskus menyetujui perubahan Doa Bapa Kami dengan mengkoreksi kalimat di paragraf terakhir doa tersebut. Pada kalimat yang bunyinya “janganlah membawa kami ke dalam pencobaan,” berubah menjadi “janganlah membiarkan kami jatuh ke dalam pencobaan.”

Seperti diberitakan, TEMPO.CO, pengkoreksian Doa Bapa Kami telah disetujui majelis umum dari Konferensi Episkopal Italia pada 22 Mei 2019.

Presiden Kardinal, Gualtiero Basseti mengumumkan persetujuannya dalam edisi ketiga dari Misa Italia pada 22 Mei 2019 dalam Konferensi Episkopal Majelis Umum Italia. Doa Bapa Kami yang sudah dikoreksi akan muncul pada edisi ketiga di Messale Romano, buku liturgi yang berisikan teks panduan misa Gereja Katolik Roma.

Sementara Kumparan.com dalam pemberitaannya menulis, Paus Fransiskus menyetujui perubahan kalimat dalam doa Bapa Kami. Bapa Kami merupakan pedoman doa yang diajarkan Yesus Kristus kepada murid-muridnya.

Kalimat yang akan diubah dalam doa Bapa Kami versi Katolik adalah ‘Dan janganlah masukkan kami ke dalam pencobaan.’  Kalimat tersebut akan direvisi menjadi, ‘jangan biarkan kami jatuh dalam pencobaan’.

Meski sudah ada persetujuan Paus, belum bisa dipastikan kapan doa Bapa Kami yang memuat kalimat yang telah direvisi tersebut akan dipakai.

Sementara itu, Gereja Katolik di Inggris dan Wales telah menyatakan bahwa mereka belum berencana untuk menggunakan kata-kata baru di doa Bapa Kami.

Doa bapa kami adalah doa yang paling suci bagi umat Katolik dan Kristen. Doa tersebut terdapat dalam Injil Matius 6:9- 13.

(*/berbagai sumber)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top