Daerah

OJK Dorong Hadirnya Pergadaian Swasta di NTT

TEROPONGNTT, TAMBOLAKA –  Selain perbankan, perusahaan pembiayaan dan asuramsi, pergadaian juga merupakan salah satu bentuk lembaga keuangan yang penting kehadirannya dalam menyediakan dana bagi masyarakat. Karena itu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus mendorong hadirnya pergadaian swasta di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Hal ini terungkap dalam kegiatan Media Gathering Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Perwakilan NTT yang digelar di Tambolaka, Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD), Kamis (1/10/2018). Kegiatan media gathering dipusatkan di Ella Hotel Tambolaka dan mengusung tema “Perkembangan Industri Jasa Keuangan Provinsi NTT Serta Pengenalan Fintech (Peer to Peer Lending) dan Pegadaian Swasta.

Kepala Bagian Pengawasan Industri Keuangan Non Bank (INBK) Otoritas Jasa Keuangan (OJK), 1A Hari Gamawan, saat membawakan materi tentang Industri Keuangan Non Bank (IKNB)  menjelaskan, selama ini di wilayah NTT hanya ada PT Pegadaian, perusahaan pergadaian milik pemerintah.

Menurut Hari, ada satu pergadaian swasta akan dibuka di Kabupaten Belu tetapi saat ini masih dalam proses. Diharapkan pergadaian swasta tersebut segera beroperasi supaya bisa melayani masyarakat.

“OJK mendukung adanya upaya pihak swasta mendirikan pergadaian swasta. OJK akan membantu proses pengurusannya sehingga bisa secepatnya beroperasi melayani masyarakat di NTT,” kata Hari Gamawan.

Hari Gamawan menambahkan, selama ini di Kota Kupang atau di wilayah NTT banyak terlihat iklan yang dipasang di pohon-pohon di pinggir jalan bertuliskan “Jaminkan BPKB Anda”. Itu adalah salah satu contoh ciri-ciri usaha pergadaian.

“Perusahaan pergadaian adalah perusahaan pergadaian swasta dan perusahaan pergadaian milik pemerintah yang selama ini dikenal dengan nama PT Pegadaian. Perusahaan pergadaian swasta adalah badan hukum yang melakukan usaha pergadain,” jelas Hari Gamawan. (max)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top