Daerah

Longsor di Km 17 Jurusan Ende-Wolowaru Kembali Normal, Tapi Pengendara Tetap Dihimbau Berhati-hati

TEROPONGNTT, ENDE — Memasuki musim hujan, longsor kembali terjadi di sepanjang ruas jalan negara jurusan Ende-Wolowaru, Jumat (4/1/2019). Longsor terjadi di Km 17.550 akibat ambruknya tumpukan batu pada tebing pinggir jalan.

Mengetahui adanya longsor, personil TNI dari Kodim 1602/Ende dan Danramil 01/Ende, Kapten Inf Yulius Subnafeu serta babinsa langsung turun ke lokasi bencana longsor. Danramil 01/Ende, Kapten Inf Yulius Subnafeu langsung melakukan koordinasi dengan Dinas PU Satker PJN IV NTTPPK 6.2. Koordinator Lapangan Satker PJN IV NTTPPK 6.2, Martinus Rada pun setuj untuk segera melakukan penanganan di ruas jalan tersebut.

Satu unit alat berat berupa eksavator langsung dikerahkan untuk membersihkan material longsor agar tidak menghambat akses lalulintas. Sementara pihak Satlantas Polres Ende dibantu aparat TNI mengatur kendaraan yang melintas agar arus lalu lintas tetap bisa berjalan.

Setelah sempat lumpuh selama beberapa jam akibat longsor, arus transportasi di ruas jalan negara jurusan Ende-Wolowaru-Maumere ini kemudian kembali normal.

Kepala Satker Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah IV, Agustinus Junianto di konfirmasi secara terpisah melalui pesan WhatsApp (WA), Sabtu (5/1/2019), mengakui adanya longsor di KM 17 ruas jalan negara jurusan Ende-Maumere. Atas kerja sama semua pilihan baik TNI maupun Polri dan pegawai PU, ahirnya material longsor bisa dibersihkan dan arus transportasi kembali normal.

Menurut Agustinus Junianto, longsor terjadi karena warga setempat menggali batu di lokasi tersebut untuk dijual. Akibatnya, struktur batu di tebing ruas jalan itu menjadi tidak kuat dan mudah longsor ketika hujan datang.

Agustinus Junianto berharap, warga setempat  tidak lagi menggali batu di ruas jalan negara tersebut, supaya tidak menimbulkan longsoran lagi. Selain itu, kepada pengendara agar tetap berhati-hati ketika melintasi di lokasi tersebut karena masih rawan longsor.

(Djolan Rinda)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top