Daerah

Lebih dari 10.000 Orang Bakal Terlibat Dalam Festival Sarung Tenun dan Musik Tradsional NTT 2019

TEROPONGNTT, KUPANG – Dalam rangka mempromosikan sarung tenun sebagai salah satu warisan budaya Nusa tenggara Timur (NTT) di kancah nasional dan internasional, pemerintah Provinsi NTT bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, menggelar Festival Sarung Tenun dan Musik Tradsional NTT 2019 di Kupang.

Lebih dari 10.000 masyarakat NTT dari berbagai organisasi, instansi dan masyarakat umum lainnya, bakal terlibat dalam pegelaran menggelar Festival Sarung Tenun dan Musik Tradsional NTT 2019. Kegiatan festival akan dipusatkan di empat (4) spot yakni di depan Gedung Sasando Kantor Gubernur NTT, depan Gedung Pengadilan Tinggi (PT) NTT, depan Rumah jabatan (Rujab) Gubernur NTT, dan di Tugu HKSN di pertigaan Jalan Soeharto dan Jalan El Tari Kupang.

Hal ini dijelaskan Kadis Infokom Provinsi NTT, Aba Maulaka dan Koordinator  Festival Sarung Tenun dan Musik Tradsional NTT 2019 yang juga mantan Kadis Kebudayaan Provinsi NTT, Sinun Petrus Manuk, pada acara pelatihan pembuatan Media Sosial di aula Dinas Infokom Provinsi NTT, Sabtu (23/2/2019) siang.

“Kegiatan festival  bakal melibatkan lebih dari 10 ribu orang bahkan mencapai 15 ribu orang. Kegiatan festival dipusatkan di arena car free day (CFD) di jalan El Tari Kupang yang dibagi dalam empat spot. Semua yang hadir akan mengenakan pakaian kain tenun adat NTT,” jelas Kadis Infokom Provinsi NTT, Aba Maulaka.

Sementara Sinun Petrus Manuk menjelaskan, Festival Sarung Tenun dan Musik Tradsional NTT 2019 akan diisi dengan berbagai acara bazaar kuliner kelor, tarian massal dolo-dolo, ja’I, tebe dan lainnya yang melibatkan 1.800 pelajar sekolah, instalasi tenun, olahraga bersarung, penampilan music tradisional dan lainnya.

“Kegiatan ini bertujuan mempopulerkan sarung tenun ikat sebagai fashion identitas budaya kebanggaan NTT, mengangkat potensi ekonomi dan mendorong diresmikannya hari sarung nasional,” kata Sinun Petrus Manuk.  (max)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top