Daerah

KUB Rosa Mistika Bangun Kandang Natal Unik di Gereja Stasi St Fransiskus Xaverius Naimata

TEROPONGNTT, KUPANG – Seperti umat Kristen di gereja-gereja lain pada umumnya, umat Katolik Stasi St. Fransiskus Xaverius Naimata juga melakukan berbagai persiapan untuk menyukseskan perayaan Natal tahun 2018. Salah satunya adalah membangun sebuah kandang Natal  untuk merayakan dan memperingati kelahiran Yesus Kristus.

Tidak seperti Kandang Natal di Betlehem, tempat dimana Yesus dilahirkan 2.000 tahun yang lalu yakni di sebuah kandang yang hina, Kandang Natal di Gereja Stasi St. Fransiskus Xaverius Naimata ini dibangun sedikit unik dan modern.  Kandang Natal terbuat dari kayu dan berbentuk seperti bale-balelengkap dengan atap alang-alangnya.

Pada sisi belakangnya diberi dinding tripleks, sementara pada sisi kiri dan kanan serta sisi depan bale-bale diberi semacam pagar kecil sebagai pembatas. Di bagian depan bale-bale juga dibuatkan tangga kecil  sebagai petunjuk bahwa, untuk masuk ke kandang Kanak-kanak Yesus, tentu harus melewati atau menaiki tangga.

Lantai kandang  Natal dipasang permadani berwarna hijau sebagai pengganti tanah dan rerumputan. Juga ada hiasan dari sak semen dan pernak-pernik Natal, ada patung kecil keluarga Nasaret yakni Yesus, Maria dan Yosef, juga patung kecil para gembala dan lainnya. Ada juga pernak-perik Natal serta lampu kelap-kelip.

Tepat di samping kandang Natal dipajang Pohon Natal yang juga lengkap dengan lampu kelap-kelip. Ada juga bintang yang terbuat dari tripleks di bagian atas atap kandang Natal. Sebuah kandang Natal yang unik dan menarik.

Kandang Natal ini dibangun oleh Kelompok Umat Basis (KUB) Sta. Maria Rosa Mistika sebagai Panitia Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 Stasi St. Fransiskus Xaverius Naimata. Kandang Natal diletakan di bagian depan, tepat di samping Altar.

Kegiatan persiapan untuk menyukseskan Natal dan Tahun Baru dikerjakan umat KUB Sta. Maria Rosa Mistika  mulai Minggu (23/12/2018) siang. Sebagai pantia, umat KUB Sta Maria Rosa Mistika bergotong royong melakukan berbagai persiapan untuk menyukseskan hari raya Natal dan Tahun Baru.

Selain mempersiapkan kandang Natal, umat KUB Sta. Maria Rosa Mistika juga melakukan  bersih-bersih, dekorasi altar, menghias gereja, mempersiapkan kursi, teng dan lainnya. Semuanya dikerjakan bersama-sama dan bergotong-royong.

Pekerjaan persiapan untuk menyukseskan Hari Raya Natal dan Tahun Baru di Kapela Stasi St. Fransiskus Xavrius  Naimata dipimpin Ketua KUB Rosa Mistika, Frans Geroda.  Juga ada acara makan siang bersama dan makan malam bersama sebagai bentuk keakraban disela-sela kegiatan. (max)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top