Daerah

Ini yang Dikatakan Tokoh Startup Terkenal, Chaidir Makarim di Acara Peduli Sahabat Bank NTT

TEROPONGNTT, KUPANG – Tokoh startup terkenal, Chaidir Makarim mengatakan, yang paling utama dalam memulai suatu usaha adalah tekad dan kemauan, bukan ketersediaan dana dan kesiapan lokasi usaha. Banyak milioner dan pengusaha besar memulai usahanya justru dari modal yang nihil dan dari rumah kos-kosan.

Chaidir Makarim mengatakan hal ini pada acara Peduli Sahabat Bank NTT yang digelar di halaman Kantor Pusat Bank NTT di Jalan WJ Lalamentik Kupang, Sabtu (24/11/2018). Acara Peduli Sahabat Bank NTT yang dipandu Kepala Divisi Kualitas Layanan dan Produk Bank NTT, Ishak Eduard Rihi ini juga menampilkan pemateri, Plt Dirut Bank NTT, Absalon Sine, Direktur Kepatuhan Bank NTT, Bonefasius Ola Masan, dan Direktur Pemasaran Dana Bank NTT, Alex Riwu Kaho.

Dihadapan ratusan pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) binaan Bank NTT, Chaidir Makarim mengatakan, banyak lembaga keuangan yang menyiapkan bantuan dana termasuk Bank NTT. Karena itu tak perlu takut untuk memulai suatu kegiatan usaha. Kegagalan adalah tantangan kegiatan usaha tetapi harus tetap tekun untuk mencapai keberhasilan.

Selain itu, kata Chaidir Makarim, pemasaran hasil usaha harus beralih ke pola pemasaran secara online juga. Jangan hanya terpaku menggunakan pola offline dalam memasarkan hasil produksi usaha.

“Pemasaran produk secara online dan diekspor hingga ke luar negeri bukan Cuma untuk perusahaan-perusahaan besar. UMKM bahkan secara pribadi pun bisa melakukan kegiatan ekspor hasil usahanya. Karena itu beralihlah ke pemasaran produk secara online,” kata Chaidir Makarim.

Untuk UMKM Binaan Bank NTT, kata Chaidir Makarim, pemasaran produk secara online bisa menggunakan fasilitas startup JITKO untuk UMKM. Penggunaan fasilitas startup JITKO dapat dilakukan secara gratis bekerja sama dengan fasilitas Peduli Sahabat Bank NTT.

Semua ini dijelaskan Chaidir Makarim, untuk membangkitkan semangat berwirausaha kalangan UMKM di Provinsi NTT terutama UMKM binaan Bank NTT. Sehingga UMKM di wilayah NTT bisa lebih berkembang dan masyarakat menjadi lebih sejahtera. (max)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top