Daerah

Ini Yang Dijelaskan Kuasa Hukum PT GIN Tentang Ijin Amdal Usaha Tambak Garamnya

TEROPONGNTT, KUPANG —  Kuasa Hukum PT. Garam Indo Nasional (GIN), Mulyadi, SH menggelar jumpa pers di Bipolo,  Kamis, (25/10/2018) siang, untuk menjelaskan perihal Izin Usaha Industri (IUI) dan Izin Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) bagi Usaha Tambak Garam milik PT. Garam Indo Nasional (GIN) yang beroperasi di atas lahan seluas 30 hektare milik masyarakat Bipolo, Kecamatan Sulamu, Kabupaten Kupang.

Kepada awak media, Mulyadi menjelaskan bahwa, PT. GIN tidak perlu mengantongi izin Amdal pada usaha industri garam. Hal itu sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 5 tahun 2012, karena dalam aturan tersebut tidak ada kalimat satu pun yang menyebutkan kalau kegiatan usaha industri garam wajib mengantungi izin Amdal.

Dalam pasal 5 PP nomor 5 tahun 2012 tersebut, kata Mulyadi, disebutkan bahwa jenis kegiatan yang tidak berdampak penting bagi lingkungan, tidak perlu izin Amdal.

“Disini apakah dalam proses penyuapan air laut sangat berdampak penting bagi lingkungan ? Kan tidak ada. Artinya air laut di uap menjadi garam dan tidak ada limbah yang kita buang atau berbahaya bagi lingkungan. Jadi jelas tidak perlu butuh izin Amdal.” Tegas Mulyadi seperti dikutip dari purnamanews.com.

Seperti diberitakan purnamanews.com, Mulyadi mengatakan, sesuai pasal 5 Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 22 tahun 2012, PT.GIN tidak wajib mengantongi Izin Amdal. Karena sesuai lampiran nomor satu, bahwa potensi dampak penting atau dampak negative bagi lingkungan karena adanya usaha industri garam, itu tidak ada.

Perihal lokasi usaha Industri Garam milik PT.GIN ini sedang menjadi persoalan karena menurut Tim Kuasa Hukum PT Puncak Keemasan Garam Dunia (PKGD), perusahaan yang mengakuisisi kepemilikan PT. Panggung Guna Ganda Semesta (PGGS), lokasi tempat usaha industri garam PT GIN berada di atas lahan Hak Guna Usaha (HGU) no.6/1992 milik PT PGGS di wilayah Kabupaten Kupang.  (*/purnamanews.com)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top