Daerah

DPRD Setuju Sekali Taman Nasional Komodo Dikelola Pemerintah NTT

TEROPONGNTT, KUPANG – DPRD NTT sangat mendukung sekali jika pengelolaan Taman Nasional Komodo (TNK) diserahkan pemerintah pusat kepada pemerintah Provinsi NTT. Namun, pihak DPRD NTT meluruskan bahwa penggunaan kata pengambilalihan pengelolaan TNK Komodo kurang tepat karena NTT merupakan bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Hal ini disampaikan Ketua DPRD NTT, H. Anwar Pua Geno, S.H bersama para Wakil Ketua DPRD NTT saat menggelar jumpa pers di aula gedung dewan tersebut, Selasa (11/6/2019). Jumpa pers juga dihadiri Sekretaris DPRD NTT, Thobias Ng. Bulu.

Menurut Anwar Pua Geno, DPRD NTT mendukung penuh sikap Gubernur NTT, Viktor B Laiskodat untuk mengalihkan pengelolaan TNK yang selama ini dikelola pemerintah pusat. DPRD NTT menilai, pemerintah Provinsi NTT sangat mampu untuk mengelola TNK.

“Saat ini pak Gubernur sudah terus melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat dan Kabupaten Manggarai Barat. DPRD NTT berharap, rencana ini berhasil sehingga bisa mendongkrak PAD Provinsi NTT dari sector pariwisata,” kata Anwar Pua Geno.

Atau paling tidak, tambah Anwar Pua Geno, bisa ada sharing kewenangan dalam pengelolaan TNK dengan porsi pemerintah daerah yang lebih besar. Karena, TNK berada di wilayah NTT dan menjadi asset pariwisata masyarakat NTT.

Pernyataan Anwar Pua Geno  ini didukung pula para Wakil Ketua DPRD NTT yakni Gabriel Beri Binna, Yunus Takandewa  dan Alex Ofong.

(max)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top