Daerah

Calon Bidan Universitas Citra Bangsa (UCB) Unjuk Aksi di Desa Nitneo, Ini Yang Terjadi…

TEROPONGNTT, KUPANG — Kehadiran para calon bidan dari Prodi Kebidanan Universitas Citra Bangsa (UCB), Sabtu (13/7/2019), membuat Bidan Koordinator Pustu Nitneo, di Kecamatan Kupang Barat menjadi terharu. Sedikitnya 35 mahasiswi dengan 8 orang dosen pendamping, berkunjung ke Desa Nitneo dalam rangka melakukan pengabdian masyarakat.

Dalam sambutannya, Bidan Desa Nitneo, Nurhia Sadiri, Amd.Keb menyatakan, sangat bahagia mendapat kunjugan ini.

“Kami sangat bahagia mendapat kunjungan dari adik-adik dan bapak/ibu Dosen semua. Kami minta maaf karena sebagain warga tidak bisa hadir karena bertepatan dengan hajatan pesta keluarga di desa ini. Juga bapak kepala desa yang masih berada di luar daerah,” kata bidan Nurhia Sadiri.

Kepala LP3M UCB, Vinsen Belawa Making, SKM.,M.Kes yang juga dosen mata kuliah Promosi Kesehatan (Promkes) manyatakan, akan terus mengkawal kerja sama ini ke depan dengan memasukan dalam kurikulum.

“Ini kegiatan yang bagus untuk pemberdayaan masyarakat dan juga membantu pekerjaan ibu bidan desa. Kita akan memasukan ini dalam program tetap kita agar setiap kali ada kegiatan posbindu dan posyandu di desa ini mahasiswi kita juga ikut di dalamnya,” kata Vinsen Belawa Making

Hal senada diungkapkan Sekretaris Prodi Kebidanan UCB, Hironima Fitri, SST.,M.Keb. “Kita di prodi ada program one student one pasien. Desa Nitneo akan jadi salah satu basis mahasiswa kita untuk melakukan praktik. Semua ibu hamil akan kita data dan satu mahasiswa kita akan mendampingi ibu ini hingga proses persalinan dan seterusnya hingga anak berusia 2 tahun,” jelas Hironima Fitri

Dosen Mata Kuliah Promosi Kesehatan (Promkes), Arman Lette, SKM.,MPH menyatakan, ini merupakan tugas mata kuliah promosi kesehatan. “Kegiatan ini adalah salah satu tugas mata kuliah promosi kesehatan. Semua yang dilakukan oleh mahasiswa di Desa ini akan kita nilai. Intinya mereka dapat memberikan sesuatu kepada masyarakat dan belajar dari masyarakat tentang kehidupan,” kata Arman Lette.

Salah satu mahasiswi kebidanan bernama Christin Eva Dwi Elodea, mengaku sangat suka dengan kegiatan tersebut. “Kebanyakan mata kuliah lainnya kita hanya di kelas dan di Lab. Khusus mata kuliah promosi kesehatan ini kita keluar dari kampus. Memang ada beberapa kegiatan yang telah kita lakukan antara lain promosi kesehatan di pasar, pasar ikan dan tempat umum lainnya. Dan kali ini kami melakukannya di Desa Nitneo Kupang barat,” kata Christin Eva Dwi Elodea.

“Senang sekali jika kami dapat mengikuti semua kegiatan posyandu dan posbindu di desa ini. Soalnya warganya sudah akrab dengan kami,” kata Christin Eva Dwi Elodea.

Kegiatan mahasiswa kebidangan UCB ini berbarengan dengan mahasiswa Undana yang KKN di desa yang sama. Sehingga telah terjadi kolaborasi yang baik antara bidang kesehatan dan bidang lainnya.

Masyarakat desa yang didominasi oleh para ibu dan bayi (balita),sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Mulai dari materi tentang usia subur, kehamilan, persoalan pada bayi balita, stunting dan juga konseling lansia. Semua dilakukan dengan penuh suka cita.

(VM)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top