Daerah

Bupati TTS dan Lurah Oekefan Beda Pendapat Soal Embung Oekefan

TEROPONGNTT, SOE — Menanggapi pernyataan Lurah Oekefan, Musa D.J Missa dan Robert Wohangara yang dilansir media ini beberapa hari yang lalu, terkait pemanfaatan embung yang berada di Kelurahan Oekefan, Kecamatan Kota Soe, Bupati TTS, Egusem Phieter Y Tahun mengatakan, embung di Oekefan sudah dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menanam sayur dan rumput kinggres serta peliharan ikan air tawar.

“Untuk embung di Oekefan, saya lihat ada masyarakat sudah manfaatkan, ada yang tanam sayur, tanam rumput kinggres dan pelihara ikan,” ucap Bupati TTS, Epy Tahun ketika diwawancarai wartawan di Rumah Makan Bundo Kanduang Soe, Rabu (2/10/2019).

Menurut Epy Tahun, dirinya melihat ada masyarakat yang menanam sayur di bagian atas embung ketika melintasi di jalan yang kebetulan persis di pinggir jalan Kelurahan Oekefan.

“Saya sering lewat di situ (areal embung) dan saya lihat ada masyarakat yang tinggal di bagian atas, mereka tanam sayur, ada yang tanam rumput kingges dan juga pelihara ikan,” lanjut Bupati TTS, Epy Tahun.

Bahkan, Epy Tahun mengajak awak media untuk meninjau lokasi embung dan melihat lahan yang ditanami sayur. Sayangnya, orang nomor satu di TTS ini kembali beralasan masih ada kegiatan lain.

“Kalau begitu kita ke sana untuk lihat langsung saja, tapi saya masih ada acara lain,” kata Epy Tahun.

Pernyataan Epy Tahun jelas berbeda dengan apa yang dikatakan Lurah Oekefan, Musa D.J Missa dan warga Oekefan yang sekaligus pemilik lahan, Robert Wohangara. Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Lurah Oekefan, Musa D.J Missa dan Robert Wohangara menjelaskan, jika embung yang dibangu di kelurahan Oekefan hingga kini tidak ada manfaatnya bagi masyarakat sebagai lahan pertanian khususnya untuk menanam sayur.

“Sampai dengan saat ini tidak ada lagi warga yang tanam sayur. Kalau ikan tentunya ada dalam embung itu,” kata Musa D.J Missa dibenarkan Robert Wohangara yang diwawancara di tempat yang berbeda beberapa hari lalu.

Menurut Musa D.J Missa, sesungguhnya warga Oekefan tidak mengusulkan bangun embung pada musrenbang. Yang mereka butuh adalah pinjaman modal usaha karena sebagian besar warga Kelurahan Oekefan adalah pedagang di Pasar Inpres Soe.

Pantauan media ini pun tentu sama dengan apa yang dikatakan Robert Wohangara dan Lurah Oekefan ,Musa D.J Missa.  Di areal sekitar embung tidal ditemukan lahan untuk menanam sayuran. Memang ada beberapa rumpun tanaman kinggres yang ditanam oleh Robert Wohangara persis di pinggir embung.  Sementara di dalam embung diakui warga yang sedang memancing ada ikan yang dipelihara.

(PR)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top