Daerah

Berita Gembira..!!! Pemkab Ende Dapat Satu Unit Bus Sekolah dari Pemerintah Pusat

TEROPONGNTT, ENDE — Kementerian Perhubungan RI memberikan bantuan sebuah bus sekolah bagi anak-anak sekolah di Kabupaten Ende pada penghujung tahun 2018 lalu. Kabupaten Ende merupakan salah satu dari 117 kabupaten/kota di Indonesia yang mendapatkan bantuan bus sekolah.

Kini, bus khusus yang siap mengantar-jemput anak-anak sekolah  itu masih parkir di Kantor Uji Kir Kendaraan Dishub Ende di Jalan A.Yani. Bus sekolah tersebut merupakan bantuan Kementrian Perhubungan (Kemenhub) melulu Dirjen Perhubungan Darat, untuk Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ende. Bus ini tiba di Ende pada pertengahan Desember 2018.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Ende, Bernabas L.Wangge, melalui Kepala Bidang Perhubungan  Darat, Ibrhim membenarkan hal itu. Dikatakan, bus sekolah dari Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub yang disebarkan di seluruh Indonesia totalnya 180 unit.

Propinsi NTT mendapat jatah 7 unit bus sekolah, dan khusus di Pulau Flores hanya dua unit untuk dua kabupaten yakni Kabupaten  Ende  dan  Kabupaten  Nagekeo.

Kabid Perhubungan Darat Dishub Ende,  Ibrahim SH kepada awak media di ruang kerjanya, Kamis (10/1/2018) menjelaskan, bntuan bus sekolah untuk memudahkan akses transportasi anak-anak sekolah. Apalagi pada dasarnya, siswa sekolah belum cukup umur untuk mendapatkan surat ijin mengemudi (SIM).

“Meski demikian, di Kabupaten  Ende  belum ada  surat  yang mengatur tentang  penggunaan Bus Sekolah ini, sehingga belum mulai beroperasi,” kata Ibrahim.

Menurut  Ibrahim, dengan adanya bus sekolah bisa membantu dan meringankan biaya angkut bagi orangtua siswa. Kegunaan lain yakni untuk mengurangi risiko-risiko laka lantas pada anak sekolah yang selama ini sering terjadi di Kabupaten  Ende.

“Untuk Pengoperasian bus sekolah tersebut masih menunggu juknis dari Kemenhub yang kemudian diatur dalam Peraturan Bupati Ende,” kata Ibrahim.

(Djolan Rinda)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top