Daerah

Belasan Bidan Alumni Universitas Citra Bangsa (UCB) Segarkan Para Ibu Hamil, Ini Yang Dilakukan…

TEROPONGNTT, KUPANG — Belasan alumni kebidanan Universitas Citra Bangsa (UCB) melakukan hal luar biasa di wilayah kerja Puskesmas Sikumana, Kamis (22/08/2019). Para alumni kebidanan ini memberi penyuluhan kesehatan kepada ibu-ibu hamil dan mengajarkan senam kehamilan untuk mendukung persiapan persalinan.

Ketua Panitia Penyuluhan Kesehatan Alumni Kebidanan Universitas Citra Bangsa (UCB), Atalia Pili Mangngi, S.Tr.Keb.,M.Kes menjelaskan, kegiatan tersebut adalah bentuk kepedulian alumni kepada para ibu hamil.

“Pembangunan kesehatan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi semua orang, agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang optimal. Kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis,” kata Atalia Pili Mangngi.

Indikator derajat kesehatan, kata Atalia Pili Mangngi, dapat dinilai dari angka kematian bayi (AKB), angka kematian ibu (AKI), umur harapan hidup dan angka kematian balita. Oleh karena itu, mereka terpanggil untuk melakukan sesuatu, walau sederhana yaitu memberikan informasi kesehatan dengan penyuluhan kepada masyarakat terkhususunya ibu-ibu hamil dan juga membantu ibu hamil dalam memelihara kesehatan ibu dan bayi dan mendukung persiapan persalinan, salah satunya mengajarkan senam hamil.

Kepala Puskesmas Sikumana, dokter Evelyn Corebima mengapresiasi kegiatan alumni ini. Kualitas kesehatan ibu hamil, persalinan normal, dan bayi lahir sehat adalah sangat penting dalam mendukung 1000 hari pertama kehidupan mencegah stunting.

“Kami dari Puskesmas memberikan apresiasi kepada para anak muda ini telah memberikan sesuatu kepada masyarakat di wilayah kerja puskesmas ini. Kita harus sadar bahwa  senam hamil dapat meningkatkan kualitas kesehatan ibu hamil, persalinan normal,bayi sehat mendukung 1000 hari pertama kehidupan mencegah stunting,” kata dokter Evelyn Corebima.

Kegiatan ini berlangsung di Aula  Gereja St.Familia Sikumana dan diikuti oleh 30 ibu hamil yang berada di wilayah kerja Puskesmas Sikumana. Pada kegiatan ini, Pelaksana Gizi Puskemas Sikumana juga memberikan penyuluhan dan pemutaran video terkait peran keluarga dalam mencegah stunting.

Koordinator penyuluhan, Mili Artanedi Jumetan, S.Tr.Keb menyatakan, tujuan dari kegiatan ini untuk mencapai derajat kesehatan yang optimal. Semua peserta yang mengikuti kegiatan juga merasa sangat terbantu dan mengharapkan kegiatan ini, terutama kelas senam ibu hamil dilakukan secara berkala dan berkelanjutan.

(VM)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top