Daerah

Alumni Universitas Citra Bangsa (UCB) Jadi Perawat Supervisor di Rumah Sakit (RS) Leona

FOTO : Perawat Supervisor RS Leona, Roswita Dely Laak, S.Kep.,NS

TEROPONGNTT, KUPANG — Salah satu alumni STIKes CHMK, Roswita Dely Laak, S.Kep.,NS dipercayakan sebagai perawat supervisor di Rumah Sakit (RS) Leona. Tugasnya mengawasi RS Leona dalam hal pengendalian pencegahan Infeksi. Saat ini, STIKes CHMK telah berubah status menjadi Universitas Citra Bangsa (UCB) Kupang.

Roswita sudah bekerja di RS Leona selama kurang lebih 3 tahun. Sebelum menjadi perawat supervisor, Roswita menjadi Kepala Ruangan Bangsal Rawat Inap. Karena dinilai memiliki kemampuan dan bertanggung jawab dalam bekerja, sehingga Roswita dipercayakan manajemen RS Liona menjadi perawat supervisor.

Kepercayaan yang diterima Roswita Dely Laak, S.Kep.,NS juga menjadi bukti bahwa alumni Universitas Citra Bangsa (UCB) yang dulunya berstatus STIKes CHMK, mendapatkan kepercayaan oleh stakeholder. Ternyata kesidiplinan, kerapian, kejujuran dan semangat kerja yang diajarkan di kampus terbawa dalam diri alumni ketika masuk dalam dunia kerja.

Hal ini terungkap ketika Rektor Universitas Citra Bangsa (UCB) Kupang, drg. Jeffrey Jap, M.Kes melakukan kunjungan ke Rumah Sakit (RS) Liona Kupang, Rabu (12/6/19). Kedatangan Jeffrey Jap diterima HRD RS Leona, Sherly Junita Tahuk, Amd dan Dokter RS Leona, dr. Stevano Jevon Valdano serta Perawat Supervisor RS Leona, Roswita Dely Laak, S.Kep.,NS. Sebelum menjadi Rektor UCB, drg. Jeffrey Jap, M.Kes adalah Ketua Stikes CHMK.

Kepada Rektor Universitas Citra Bangsa (UCB), drg. Jeffrey Jap, M.Kes, Perawat Supervisor RS Leona, Roswita Dely Laak, S.Kep.,NS mengaku sangat bersyukur menjadi bagian dalam keluarga besar STIKes CHMK yang telah berubah menjadi Universitas Citra Bangsa (UCB). Dan hal itu, juga membuat drg. Jeffrey Jap, M.Kes merasa bangga.

Secara umum, menurut Roswita, tugas seorang Perawat Supervisor adalah mengawasi petugas kesehatan di rumah sakit agar tidak terjadi infeksi nosokomial. Karena itu, dalam pelayanan kepada pasien, seorang petugas kesehatan harus melakukan secara baik dan benar sesuai standar operasional prosedur (SOP) yang ada.

“Hal yang biasa mereka (petugas kesehatan, red) bawa tidak sesuai dengan yang kami pelajari. Kadang petugas kesehatan di sini memakai istilah biasanya. misalnya biasanya pasang infus seperti ini dan sebagainya, padahal hal teknis untuk mencegah infeksi dalam pemasangan infus itu ada. Itu yang pelan-pelan harus kami ajarkan lagi,” jelas Roswita.

Roswita mengatakan, ketika masih di kampus STIKes CHMK, mahasiswa termasuk dirinya sudah diajarkan tentang kesidiplinan. Harus rapi, dan harus tepat waktu. Nilai kesidiplinan itu yang ia pegang teguh dan terbawa sampai ke dunia pekerjaan.

“Kita di kampus sudah diajarkan tentang kesidiplinan. Mau ke kampus harus rapi, mau dinas harus rapi dan harus tepat waktu. Nilai kesidiplinan itu baik dan terbawa sampai di dunia kerja,”  tambah Roswita kepada Rektor Universitas Citra Bangsa (UCB), drg. Jeffrey Jap, M.Kes.

Sementara HRD RS Leona, Sherly Junita Tahuk, Amd kepada drg. Jeffrey Jap, M.Kes menyampaikan bahwa alumni STIKes CHMK itu bertanggung jawab dalam bekerja. Alumni CHMK menunjukkan ketulusan dan loyalitas dalam bekerja, bisa memimpin dan bekerja sama.

“Selama ini saya lihat seperti itu, sehingga Roswita dapat dipercayakan sebagai perawat supervisor di sini. Kami biasanya melihat dari hal-hal kecil. Tugas ini diselesaikan tidak, dan alumni CHMK menunjukkan bahwa mereka bertanggung jawab dan tidak banyak perhitungan (meminta imbalan) dalam mengerjakan tugas. Alumni CHMK menunjukkan ketulusan dan loyalitas dalam bekerja, bisa memimpin dan bekerja sama,” tambah Sherly.

Dokter RS Leona, dr. Stevano Jevon Valdano yang pada saat bersamaan ditemui juga menyatakan bahwa alumni STIKes CHMK menonjol dalam performance secara umum, dapat dipercaya dan rajin dalam bekerja. “Sejauh ini alumni CHMK yang bekerja di sini tidak mengecewakan”. tambah dr. Stevano.

Sebelum meninggalkan RS Leona, Rektor Universitas Citra Bangsa (UCB) Kupang, drg. Jeffrey Jap, M.kes sempat berkeliling melihat fasilitas dan ruangan di RS Leona serta bertemu dengan beberapa alumni STIKes CHMK yang bekerja di RS Leona.

(*/VM)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top