Daerah

Ada Peningkatan Pelaku Usaha di Kota Kupang Berkat Dana PEM

TEROPONGNTT, KUPANG — Bappeda Kota Kupang menggelar rapat evaluasi sosialisasi mengenai Sistem Aplikasi Dana Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat (PEM) Kota Kupang, Selasa (16/10/2018). Rapat evaluasi sosialisasi yang digelar di Aula Rumah Jabatan (Rujab) Walikota Kupang ini juga diikuti para pengelola dana PEM tersebut.

Kepala Bidang Ekonomi Bappeda Kota Kupang, Hengky Malelak mengatakan, dengan adanya dana PEM, banyak pelaku usaha yang tertolong. Meskipun diakui, ada juga masalah yang dihadapi terkait pengelolaan dana PEM tersebut.

Menurut Hengky Malelak, dari tahun ke tahun sejak 2013, telah terjadi peningkatan jumlah pelaku usaha di Kota Kupang berkat adanya dana PEM yang digulirkan pemerintah. Sehingga jika dievaluasi, selain ada yang tidak berhasil, tidak sedikit juga pelaku usaha yang berhasil karena dana PEM.

“Dengan adanya dana PEM banyak pelaku usaha yang tertolong, namun banyak juga masalah yang dihadapi. Ini bisa saja ditinggalkan oleh ketua LPM bersama adminnya,” kata Hengky Malelak.

Hengky Malelak berharap, kedepan pengelolaan dana PEM dapat dilakukan dengan lebih baik dan lebih berhati-hati serta lebih bijaksana. Sehingga pengelolaan dana bisa membawa manfaat yang lebih besar bagi tumbuh kembang suatu kegiatan usaha.

“Kalau kita mau bantu pengusaha kita, bantu betul-betul. Kalau ada saudara kita yang ingin maju dalam usaha, marilah kita berikan bantuan,” katanya.

Walau demikian, Hengky Malelak menyayangkan bila dalam pemberian bantuan dana PEM ada upaya pilih kasih. Apalagi bantuan diberikan kepada orang yang sama sekali tidak memiliki usaha. (*/am)

Komentar Anda?

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top